Sambut Hari Kemenkumham ke 78, Lapas Ketapang Gelar Perlombaan Tilawatil Quran

KalbarOnline, Ketapang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ketapang menyelenggarakan berbagai perlombaan dalam rangka menyambut Hari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia yang ke-78, Minggu (06/08/2023). Lomba tersebut diantaranya tahrim, bilal dan tilawatil Qur’an bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Sebanyak 90 orang WBP dari berbagai blok di Lapas Ketapang turut serta dalam perlombaan yang berlangsung meriah itu. Peserta terbagi menjadi tiga kategori, yaitu 27 orang peserta lomba bilal, 36 orang peserta tilawatil Qur’an, serta 27 orang peserta tahrim.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Kepala Lapas Kelas IIB Ketapang, Ali Imran menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pembinaan yang berfokus pada pengembangan potensi keagamaan WBP.

Baca Juga :  Tenggelam Saat Bermain Pasir di Pinggir Pantai, Dua Bocah di Kendawangan Ditemukan Meninggal Dunia

“Kami berharap, melalui perlombaan ini, WBP dapat lebih mendalami dan mengamalkan nilai-nilai agama Islam sehingga dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat setelah menjalani masa hukuman,” ungkapnya 

Selain itu, perlombaan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan kecintaan WBP terhadap agama Islam serta semangat untuk memperdalam pemahaman Al-Qur’an. Perlombaan tahrim, bilal dan tilawatil Qur’an ini juga mendapatkan sambutan positif dari para WBP yang menganggap acara tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan spiritualitas mereka.

Kegiatan ini bukan hanya berarti bagi WBP, tetapi juga memberikan makna mendalam bagi seluruh petugas Lapas. Selain itu, acara ini berhasil menciptakan rasa kebersamaan dan kedamaian di dalam lingkungan Lapas.

Baca Juga :  Bupati Martin Resmikan Puskesmas Sungai Melayu

“Kegiatan ini menegaskan, bahwa pembinaan dan pemasyarakatan tidak hanya berfokus pada aspek keamanan, tetapi juga memberikan ruang bagi WBP untuk mengembangkan potensi keagamaan dan mengubah hidup mereka ke arah yang lebih baik,” tandasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment