Kembangkan Potensi Desa Kreatif dan Wisata Temajuk, Disporapar Kalbar Gelar Pelatihan Pembuatan Souvenir Bahari

KalbarOnline, Pontianak – Dalam upaya mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) ekonomi kreatif sekaligus pengembangan desa kreatif dan desa wisata di Desa Temajuk Kabupaten Sambas, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat melakukan pelatihan pembuatan Souvenir Bahari.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta, mereka merupakan perwakilan dari masyarakat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Temajuk dan PKK Desa Temajuk.

Baca Juga :  Usai Tanam Cabai di Pedalaman, Harisson-Windy Lanjut Panen Rawit di Desa Menyabo Sanggau
Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari memberikan arahan dalam pelatihan pembutan Souvenir Bahari. (Foto: Jauhari)
Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari memberikan arahan dalam pelatihan pembutan Souvenir Bahari. (Foto: Jauhari)

Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menyampaikan, bahwa pelatihan tersebut difokuskan pada pemanfaatan bahan baku yang merupakan potensi dari Desa Temajuk yang dapat meningkatkan nilai tambah barang dimaksud.

“Instruktur pelatihan ini berasal dari Universitas Pembangunan Jaya Jakarta yang merupakan tenaga pengajar desain produk yang juga merupakan praktisi di bidang produk kreatif kerajinan,” ungkapnya, Jumat (23/06/2023).

Pelatihan pembutan Souvenir Bahari diikuti oleh 30 peserta. (Foto: Jauhari)
Pelatihan pembutan Souvenir Bahari diikuti oleh 30 peserta. (Foto: Jauhari)

Windy mengharapkan, pelatihan pembuatan Souvenir Bahari ini dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat setempat dan masyarakat di desa tersebut dapat lebih siap menerima para wisatawan.

Baca Juga :  Kalbar Award 2023, Salah Satu The Best Event yang Pernah Dibuat Pemprov Kalbar

“Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat Desa Temajuk dan menambah kesiapan Desa Wisata Temajuk untuk menerima kunjungan wisatawan, khususnya pada penyediaan oleh-oleh khas Desa Wisata Temajuk,” ujarnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment