Kalbar Award 2023, Salah Satu The Best Event yang Pernah Dibuat Pemprov Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Kendati baru peluncuran kali perdana, namun Kalbar Award 2023 dinilai banyak kalangan sebagai salah satu the best event yang pernah diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar. Betapa tidak, acara yang dimulai sejak tanggal 28 Mei 2023 lalu itu sukses menggabungkan setidaknya 15 event, baik dalam bidang kepemudaan, olahraga dan pariwisata.

Dalam event besar ini, berbagai kompetisi digelar, banyak penghargaan juga diberikan kepada mereka-mereka yang dianggap layak, baik dari kalangan pemuda, seniman, penggagas atau inisiator, pelaku-pelaku ekonomi kreatif dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula seminar-seminar penguatan, talk show yang mengangkat berbagai isu strategis dan kekinian, promosi produk, wisata, potensi alam dan seterusnya.

Sekda Provinsi Kalbar, Harisson turut memuji kinerja Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sebagai leading sector penyelenggaraan serta stakeholder terkait sehingga acara ini dapat berjalan lancar dan sukses.

Foto bersama para pemenang Lomba Pidato Bahasa Inggris Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Foto bersama para pemenang Lomba Pidato Bahasa Inggris Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

“Kalbar Award 2023 merupakan kegiatan yang untuk pertama kali diselenggarakan, namun sudah mendapatkan sambutan yang luas dan respon yang positif dari masyarakat Kalbar,” kata Hatisson saat dimintai tanggapannya terkait penutupan event Kalbar Award 2023, Kamis (20/07/2023).

Harisson menilai, bahwa tujuan dari penyelenggaraan Kalbar Award itu pun telah senafas dengan visi misi Pemerintah Provinsi Kalbar di bawah kepemimpinan Sutarmidji dan Ria Norsan, yakni mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif, inovatif dan sejahtera.

“Rangkaian kegiatan Kalbar Award 2023 ini juga diharapkan menjadi ruang ekspresi dan kreativitas sekaligus mencari bibit-bibit serta mengembangkan potensi yang dapat mengharumkan nama Provinsi Kalbar, baik ditingkat nasional maupun internasional,” kata dia.

Penyerahan hadiah juara 1 lomba drumband Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Penyerahan hadiah juara 1 lomba drumband Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

Harisson berharap, melalui Kalbar Award ini dapat semakin mempertebal bidang kepemudaan, sehingga muncul generasi muda yang potensial, kreatif dan inovatif, berdaya saing dan memiliki jiwa nasionalisme serta patriotisme, di mana pemuda yang akan melanjutkan pembangunan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Melalui kegiatan ini juga, Pemerintah Provinsi Kalbar berkomitmen untuk meningkatkan daya saing keolahragaan, agar menghasilkan atlet-atlet Kalbar yang mampu berprestasi pada ajang nasional maupun internasional,” ucapnya.

Selain itu, Harisson mengingatkan, bahwa Provinsi Kalbar sesungguhnya memiliki kekayaan alam, budaya, tradisi, termasuk kuliner dan seterusnya yang melimpah–yang hal itu merupakan anugerah dan patut disyukuri.

Baca Juga :  Lepas CJH Kloter 29, Gubernur Kalbar Ingatkan Jemaah Harus Saling Bantu dan Perbanyak Sabar
Foto bersama pemenang Lomba Festival Drumband Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Foto bersama pemenang Lomba Festival Drumband Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

“Ini merupakan anugerah dan karunia yang harus kita syukuri, rasa syukur tersebut diwujudkan dengan melestarikan dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki, salah satunya melalui Kalbar Award 2023,” jelasnya.

Melalui berbagai upaya yang telah dilaksanakan dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut, diharapkan pula mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

“Untuk itu saya sangat menyambut baik penyelenggaraan Kalbar Award ini, saya berpesan agar pelaksanaan Kalbar Award ini dapat dilaksanakan terus di masa-masa yang akan datang. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah terlibat pada pelaksanaan kegiatan ini,” sebutnya.

Foto bersama para pemenang Lomba Gerak Jalan Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Foto bersama para pemenang Lomba Gerak Jalan Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

“Selamat saya ucapkan pula kepada pemenang, yang belum berhasil meraih kemenangan jangan berkecil hati, momen ini adalah titik awal perjuangan para peserta untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pribadinya, jadilah bagian dalam meningkatkan kesejahteraan Kalbar,” tuntas Harisson.

Sementara itu, Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengaku bersyukur, bahwa penyelenggaraan event Kalbar Award 2023 dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Alhamdulillah pada hari ini telah selesai seluruh rangkaian Kalbar Award 2023 di 15 event pelaksanaan, baik kepemudaan, olahraga, pariwisata dan ekonomi kreatif. Tadi ada dari festival drumband, mereka juara satu, dua dan tiga, mereka mendapatkan hadiah dari Bapak Gubernur masing-masing satu regu mendapatkan satu set peralatan drumband,” ujarnya.

Foto bersama Putra Putri Pariwisata Provinsi Kalbar dalam ajang Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Foto bersama Putra Putri Pariwisata Provinsi Kalbar dalam ajang Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

Secara teknis, Windy mengatakan, banyak hal yang diangkat dari event Kalbar Award 2023, seperti penyerahan anugerah desa wisata tingkat Provinsi Kalbar, di mana kabupaten kota yang mengikuti dan sudah terdaftar di Kemenparekraf sebelumnya dinilai langsung ke lapangan dan mendapatkan apresiasi serta penghargaan.

“Beserta keolahragaan dan ekonomi kreatif lain. Dengan ajang ini diharapkan adanya ruang kreasi bagi pegiat pariwisata ekonomi kreatif serta munculnya bibit-bibit baru di bidang olahraga dan para pemuda yang siap membangun Kalbar dan berprestasi baik di nasional maupun internasional,” ujarnya.

Insya Allah, Kalbar Award ini akan menjadi event tahunan, karena kita melihat sendiri pada pelaksanaan yang pertama ini begitu antusias masyarakat untuk mengikuti lomba-lomba yang ada di Kalbar Award ini,” sambung Windy.

Foto bersama para penerima anugerah Desa Wisata Indonesia Provinsi Kalbar dalam ajang Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Foto bersama para penerima anugerah Desa Wisata Indonesia Provinsi Kalbar dalam ajang Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

Dirinya menyampaikan, bahwa ajang Kalbar Award ini merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk selain memperlebar lagi ruang-ruang kreasi masyarakat, juga promosi-promosi, baik itu bidang pariwisata dan juga ekonomi kreatif yang ada di Kalbar.

Baca Juga :  Tegas! KPK Ingatkan Manajemen RS Tak Potong Insentif Tenaga Kesehatan

“Karena berdasarkan survei informasi dari Direktur Pemasaran Kemenparekraf RI, bahwa orang datang ke suatu daerah yang pertama bukan lagi destinasi, tapi pertama budaya, kedua event, ketiga kuliner baru keempat destinasi, itu yang memang kita harus cepat memperbaiki dan merubah strategi-strategi dalam pemasaran ini,” terangnya.

Termasuk baju branding Kita Rimba dan Budaya yang diperkenalkan pada hari ini, tak lain dalam rangka mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kalbar.

Foto bersama pemenang Lomba Festival Kapuas Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Foto bersama pemenang Lomba Festival Kapuas Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

“Kemudian tadi juga ada penampilan dari Sanggar Kijang Berantai yang ikut secara nasional juara dua dan itu membuktikan pemuda di Kalbar, pariwisata dan ekonomi kreatif sekarang Kalbar, tidak kalah saing dengan provinsi lainnya,” katanya.

Secara fair, Windy menjelaskan, bahwa Kalbar saat ini termasuk salah satu provinsi yang cukup diperhitungkan di level nasional–dengan berbagai aspek, keunggulan, termasuk penghargaan-penghargaan yang dicapai dan diberikan selama ini. Belum lagi terdapat beberapa event multi negara yang juga pernah digelar di provinsi ini.

“Karena desa wisata sudah mendapatkan dua besar di 75 besar tingkat nasional, kemudian prestasi olahraga secara internasional ada Veddriq Leonardo, yang terbaru kemarin bertanding di Kamboja dari paralimpik dan pemuda pelopor yang mendapatkan kalpataru untuk itu Pemprov Kalbar, melalui Disporapar Kalbar, harus terus mendukung dan memberikan ruang kreasi tersebut,” papar Windy.

Foto bersama pemenang Lomba Bingkai Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)
Foto bersama pemenang Lomba Bingkai Kalbar Award 2023. (Foto: Diporapar Kalbar)

Kembali soal rangkaian event Kalbar Award 2023, Windy mengungkapkan, bahwa terdapat satu lagi kegiatan yang masuk dalam rangkaian penyelenggaraan, yakni Turnamen Mobile Legends yang memperebutkan Piala Gubernur Kalbar. Namun turnamen itu baru akan dilaksanakan pada September mendatang.

“September nanti ada satu kegiatan lagi yang masuk dalam rangkaian Kalbar Award yakni Turnamen Mobile Legends Piala Gubernur Kalbar yang sesuai rencana akan dilaksanakan pada 1 – 3 September 2023 nanti,” ucapnya.

Windy menginformasikan, bahwa turnamen tersebut merupakan turnamen esport terbesar di Kalbar dalam rangka menjaring bibit-bibit atlet berbakat di cabang olahraga esport Kalbar.

“Mudah-mudahan semua rangkaian berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment