Tumbuhkan Kompetensi dan Kreativitas Anak dengan Bercerita

KalbarOnline, Pontianak – Mewakili Bunda Literasi Provinsi Kalimantan, Ketua Pokja 1 PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari menutup lomba bercerita tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang diselenggarakan di ballroom lantai 6 Hotel Gajah Mada Pontianak, Rabu (21/06/2023).

Windy mengatakan, bahwa Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani tentunya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat ini dalam mengasah kemampuan anak-anak yang ada di Kalimantan Barat.

Lomba bercerita tingkat Provinsi Kalbar tahun ini diikuti oleh 10 kabupaten/kota. Windy berharap akan lebih banyak lagi kabupaten/kota yang belum ikut pada tahun ini mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa mengikuti lomba ini di tahun depan.

“Karena dengan adanya perlombaan ini tentunya kita bisa melatih anak-anak untuk lebih berkreativitas dan melatih dirinya untuk mempersiapkan dirinya lebih terampil dan lebih berinovasi untuk menjadi seorang generasi muda yang memang sangat ditunggu-tunggu untuk pembangunan di Kalimantan Barat,” jelasnya.

Kemudian untuk upaya yang akan dilakukan, tentunya bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat yaitu salah satunya kegiatan lomba bercerita, nantinya ada pula kegiatan yang mengikutsertakan anak-anak generasi muda dalam memotivasinya untuk membaca.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Kunjungi Destinasi Wisata Batu “Meteor” di Singkawang

“Sebenarnya cara efektif kita untuk menghafal itu dengan bercerita, jadi kalau kita menghafal satu-satu itu cepat kita lupanya, tetapi kalau kita membaca secara seksama kemudian nanti kita menghafalnya dengan cara bercerita pasti akan cepat diingat,” terangnya memotivasi anak-anak peserta lomba.

Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan bahwa banyak sekali manfaat oleh anak ketika anak gemar membaca dan tentunya harus terus didampingi oleh orang tua atau guru di sekolah ketika mereka membaca literasi-literasi yang ada.

“Mereka (generasi muda) yang pertama mempunyai tingkat pengetahuan yang lebih banyak dibanding dengan anak yang tidak suka membaca, kemudian akan memunculkan rasa keingintahuannya lebih dalam lagi tentang apa yang dibaca, pada saat itu dan tentunya dapat menumbuhkembangkan daya ingat dan daya kreatifitas seorang anak ketika kita mulai sedini mungkin mengajarkan mereka untuk gemar membaca,” terangnya.

Baca Juga :  Tak Satupun Pelamar Direktur RSUD Soedarso yang Memenuhi Syarat

Sebagai informasi, lomba bercerita tingkat Provinsi Kalbar ini sudah diselenggarakan dari tanggal 20 Juni 2023 dan seluruh kegiatannya diselenggarakan di Hotel Gajahmada Pontianak dengan 19 Orang peserta yang berasal dari 10 kabupaten/kota, yaitu:

– Kota Pontianak 2 orang.

– Kota Singkawang 2 orang.

– Kabupaten Kubu Raya 2 orang.

– Kabupaten Mempawah 2 orang.

– Kabupaten Bengkayang 2 orang.

– Kabupaten Sambas 2 orang.

– Kabupaten Landak 1 orang.

– Kabupaten Sanggau 2 orang.

– Kabupaten Ketapang 2 orang.

– Kabupaten Kayong Utara 2 orang.

Adapun pemenang lomba bercerita bagi Siswa/i SD/MI Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023, yakni:

– Juara 1 Qhatisya dari Kota Pontianak.

– Juara 2 Jeremy dari Kabupaten Kubu Raya.

– Juara 3 Najla dari Kota Singkawang.

– Juara Harapan 1 Khadrja dari Kabupaten Ketapang.

– Juara Harapan 2 Ester dari Kabupaten Sanggau.

– Juara Harapan 3 Nazwa dari Kabupaten Kayong Utara.

Penulis: Muhammad Jauhari Fatria.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment