Prodia Ajak Masyarakat Kenali Gejala Hepatitis

KalbarOnline, Pontianak – Kota Pontianak menjadi salah satu kota penyelenggara seminar nasional bertema “Precise Hepatitis Management” yang diadakan oleh Prodia. Prodia mengajak masyarakat untuk secara aktif berpartisipasi dalam menjaga kesehatan dan mengenali kondisi tubuh untuk dapat mengambil keputusan atas kesehatan diri sendiri.

Bertempat di Ballroom Hotel Golden Tulip, seminar nasional ini mengundang 150 peserta umum offline pada tanggal 18 Juni 2023. Selain mendapatkan pengetahuan mengenai sebab, cara penularan serta penanggulangan hepatitis, peserta juga berkesempatan untuk melakukan pemeriksaan gratis kolesterol total, trigliserida, SGPT (hati), kreatinin (ginjal) dan gula darah.

Dalam kesempatan ini, Yustar Mulyadi selaku narasumber menjelaskan, hepatitis adalah peradangan pada hati atau liver. Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi virus, kebiasaan minum alkohol, paparan zat beracun atau obat-obatan tertentu.

Baca Juga :  Menatap Kalbar 2018, Sidot Sudah Bidik Calon Pendamping?

“Pada kondisi kronis hepatitis dapat menyebabkan efek lebih lanjut seperti sirosis atau kerusakan pada jaringan hati. Keluhan yang timbul dari hepatitis tidak spesifik pada awal penularan, tetapi keluhan lebih lanjut dapat timbul ketika penderita mulai mengalami kerusakan jaringan hati,” ungkapnya, Minggu (18/06/2023).

Dengan adanya seminar ini, Yustar berharap semakin banyak masyarakat Indonesia mengenali hepatitis serta mengetahui langkah yang harus dilakukan ketika gejala hepatitis terdeteksi.

Selain itu, Prodia juga berupaya mengedukasi masyarakat mengenai beberapa risiko gangguan fungsi hati yang mungkin terjadi, seperti gangguan peningkatan enzim hati, perlemakan hati dan lain sebagainya.

Ia berharap, bagi masyarakat yang sudah mengetahui atau mendeteksi gejala hepatitis, sangat penting untuk menjalankan pola hidup sehat dilengkapi dengan olahraga. Selain itu, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol harus dihentikan, serta rutin konsultasi dan mengonsumsi obat-obatan jika dokter meresepkan.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Buka Seminar Nasional Percepatan Desa Membangun dan Tata Kelola Sawit

Ayu Indria Paramitha selaku narasumber juga menambahkan, Klinik Prodia juga menyediakan pemeriksaan terkait hepatitis yang merupakan pemeriksaan untuk membantu diagnosis secara komprehensif.

“Berbagai pemeriksaan hepatitis juga bermanfaat untuk mengetahui jika virus yang ada pada organ hati sudah tidak terdeteksi maupun jika ada replikasi pada virus sehingga pemeriksaan yang ditawarkan dapat membantu pengobatan yang akan diberikan oleh dokter,” terangnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment