Selaseh 23 Agustus, Hary Agung Imbau Masyarakat Kalbar Jaga PHBS Waspadai Cacar Monyet

KalbarOnline, Pontianak – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengkonfirmasi satu kasus positif monkeypox atau cacar monyet di Indonesia pada Sabtu, 20 Agustus 2022 kemarin.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Hary Agung Tjahyadi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik.

Hary Agung menerangkan, cacar monyet sebenarnya secara keparahan, tingkat kesakitan dan juga fatalitasnya lebih rendah dibandingkan cacar varisela.

Masyarakat, kata Hary Agung, hanya perlu menjaga daya imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jadi memang yang jelas harus dijaga daya imunnya dengan makanan bergizi, dan kalau ada akibat lain yang disebabkan oleh infeksi tersebut, itu yang kemudian diobati,” ujarnya, Selasa, 23 Agustus 2022.

Baca Juga :  AHY dan Sutarmidji Gelar Pertemuan di Kantor Gubernur

Hary Agung Tjahyadi juga menjelaskan, jika ketahanan tubuh kuat dan tidak ada gejala lainnya atau komorbid, dua sampai empat minggu penyakit tersebut bisa sembuh dengan sendirinya.

“Tetapi sekali lagi memang perlu disampaikan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, karena monkeypox inikan penularannya karena kontak erat ya, tidak seperti Covid-19, virus yang droplet melalui udara dan lain sebagainya. Tetapi karena ada kontak erat,” kata Hary Agung.

Baca Juga :  Sah! AM Nasir Resmi Pimpin PPP Kalbar

Kemudian, jika ada merasakan gejala yang mirip menyerupai cacar monyet, Hary meminta untuk segera berkonsultasi ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Adapun gejala cacar monyet mirip dengan gejala cacar air, namun lebih ringan. Gejala dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Perbedaan utama antara gejala cacar air dan cacar monyet, adalah cacar monyet menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati) sedangkan cacar air tidak.

“Kalau ada kondisi yang seperti cacar itu, segera dikonsultasikan berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat di wilayahnya,” pungkasnya.

Comment