Selaseh 2 Agustus, Kadiskes Kalbar Ingatkan Pentingnya PHBS Agar Terhindar dari Virus Hepatitis

KalbarOnline, Pontianak – Di momen peringatan Hari Hepatitis Sedunia hendaknya dijadikan satu bentuk kewaspadaan terhadap virus tersebut. Hal ini ditekankan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Hary Agung Tjahyadi.

“Karena apa? Dari 5 jenis virus hepatitis ini (Hepatitis A, B, C, D, dan E), semuanya menyebabkan penyakit kronis pada organ hati yang bahkan bisa sampai menyebabkan kanker hati hingga kematian,” kata Hary Agung, Selasa, 2 Agustus 2022.

Bahayanya lagi, lanjut Hary Agung, dari 2 jenis virus hepatitis yakni Hepatis B dan C seringkali tidak terdiagnosis dan sulit diobati. Tentunya hal tersebut sangat menakutkan.

Baca Juga :  Midji Lantik 62 Dewan Hakim MTQ XXVIII Kalbar

Maka dari itu, di peringatan Hari Hepatitis Sedunia yang mengusung tema “Membawa Perawatan Hepatitis Lebih Dekat Dengan Anda”, Hary Agung meminta masyarakat terutama pada ibu hamil untuk selalu melakukan screening hepatitis ke puskesmas terdekat agar terlindungi dari infeksi Hepatitis terutama Hepatitis B.

“Kampanye pencegahan Hepatitis B pada ibu hamil sangatlah penting, karena jika dibiarkan atau tidak ditangani dengan cepat dan tepat, Hepatitis B dapat beresiko menjadi Kanker Hati yang dapat mengancam nyawa ibu hamil dan janin,” ujarnya.

Baca Juga :  Awali Kunker di Kayong Utara, Harisson dan Windy Serahkan Bantuan Pangan Pengendali Inflasi

Selain itu, Hary Agung turut mengimbau masyarakat agar terhindar dari infeksi virus hepatitis dengan tetap menerapkan perilaku hidup bersih sehat, tidak menggunakan barang orang lain untuk keperluan pribadi, dan hindari seks bebas.

“Selain itu, lakukan vaksinasi segera pada bayi dengan Hepatitis B jika sudah terinfeksi saat dilahirkan dan tetap berikan imunisasi lengkap dan lanjutan pada anak,” pungkasnya.

Comment