Bupati Fransiskus Diaan Harap Tahun 2024 Kuota Haji Kapuas Hulu Bertambah Lagi 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan didampingi Wakilnya Wahyudi Hidayat dan Sekda Mohd Zaini serta Forkopimda Kapuas Hulu melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Kapuas Hulu, di Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Sabtu (17/06/2023).

Sebanyak 132 orang jemaah haji Kapuas Hulu yang diberangkatkan dengan menggunakan tiga buah armada bus Damri akan bergabung dengan jemaah kabupaten kota se Kalimantan Barat untuk melaksanakan ibadah haji di Mekkah.

Bupati Kapuas Hulu mengatakan, ibadah haji merupakan sebuah ibadah yang dijadikan sebagai salah satu pondasi rukun Islam ke lima yang denganya akan tegak agama Islam.

“Setiap muslim sudah barang tentu mendambakan dapat menunaikan ibadah haji ke tanah Suci Mekkah,” ujarnya.

Karena hal ini, di samping merupakan kewajiban juga sekaligus kehormatan bagi yang telah mendapatkan panggilan dari Tuhan.

“Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan suka cita dan turut berbahagia, saya mengucapkan selamat atas akan diberangkatkannya calon jemaah haji tahun 1444 Hijriah atau tahun 2023 Masehi ke tanah Suci,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Tutup Turnamen Sepakbola dan Voli Antar Desa se-Kecamatan Boyan Tanjung
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberikan arahan sebelum melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Kapuas Hulu, di Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Sabtu (17/06/2023). (Foto: Ishaq)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberikan arahan sebelum melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Kapuas Hulu, di Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Sabtu (17/06/2023). (Foto: Ishaq)

Menurutnya keberangkatan CJH haji tahun ini merupakan hal yang patut disyukuri, karena seperti diketahui, pemberangkatan CJH sebelumnya dibatasi dengan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan seluruh jemaah haji dan umat manusia karena situasi pandemi Covid -19 yang belum kondusif.

“Tahun ini Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kuota bagi calon jemaah haji Indonesia, sebagaimana yang ditindaklanjuti dengan Keputusan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama RI termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat secara khusus Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu yang kita terima pada tanggal 24 Mei 2023,” terangnya.

Fransiskus pun bersyukur, bahwa pada tahun 1444 Hijriah atau tahun 2023 Masehi ini kabupatennya mendapat kuota sebanyak 132 orang melebihi dari tahun 2021 yang hanya 128 orang yang dapat diberangkatkan melaksanakan ibadah haji ke tanah Suci.

Baca Juga :  Tatap Muka Bersama Masyarakat Perbatasan Badau, Ini Arahan Kapolda Kalbar

“Tahun 2022 lalu yang seharusnya bisa berangkat hanya 57 orang dan 2 orang batal karena masih pasca Covid-19. Sekali lagi kita bersyukur pada tahun ini kembali normal seperti sebelum tahun 20219,” katanya.

Ia berharap, kepada saudara-saudari yang belum dapat kesempatan pada tahun ini untuk bersabar dan berdoa, semoga tahun depan, ibadah haji dapat terlaksana kembali dan tidak ada hambatan.

“Jika perlu jumlahnya lebih banyak dari tahun 2023 ini. Saya berharap seluruh jemaah haji Kabupaten Kapuas Hulu yang berangkat hari ini untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik,” tuturnya. (Ishaq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment