Urai Tantangan dan Antisipasi Pemilu Serentak 2024 di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Direktur Politician Academy, Bonggas Chandra menjadi pembicara dalam diskusi publik yang mengangkat tema “Trend dan Tantangan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kalimantan Barat”, Jumat (09/06/2023), di Harris Hotel Pontianak.

Dalam kesempatan itu, Bonggas Chandra mengungkapkan, pemilu serentak 2024 akan menjadi pemilu yang bersejarah dalam dinamika politik di Indonesia. Itu karena baru kali ini semua pemilu digabungkan dalam satu tahun. Baik itu pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Tentu saja kompleksitas dan permasalahan yang akan dihadapi parpol (partai politik), capres (calon presiden), calon legislatif, calon kepala daerah, penyelenggara pemilu, bahkan termasuk juga masyarakat pemilih mesti diantisipasi oleh segenap stakeholder,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sutarmidji Melihat Kecenderungan Anak-anak Muda Mulai Merapat ke PPP

Karena itulah menurutnya, Politician Academy dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar menghadirkan diskusi publik tersebut. “Jadi kami mencoba mengurai apa saja permasalahan, potensi konflik dan tantangan pemilu serentak 2024 di Kalbar, serta bagaimana antisipasinya,” katanya.

Seperti diketahui, Bonggas Chandra adalah seorang dosen dan konsultan politik. Ia mengawali karirnya sebagai dosen dan peneliti di beberapa universitas swasta di Indonesia. Diantaranya Universitas Katholik Parahyangan, Universitas Paramadina, Universitas Pelita Harapan dan Universitas Pertahanan Indonesia.

Bonggas menempuh pendidikan di Uppsala University Swedia, dan University of Queensland, Australia. Sempat masuk ke dunia politik praktis pada 2009 – 2016 sebagai staf khusus anggota DPR RI, dan pengurus inti DPP salah satu partai politik besar di Indonesia. Bonggas juga alumni Training of Trainers Lemhanas pada Februari 2023.

Baca Juga :  Aksi Humanis Anggota Polres Sekadau Gendong Lansia ke TPS

Politician Academy yang didirikannya di tahun 2017, telah membantu banyak pemenangan kandidat anggota legislatif maupun kandidat kepala daerah. Ia juga banyak mengikuti kursus singkat baik di dalam maupun luar negeri. Selain Bonggas Chandra, dalam kesempatan itu juga hadir Ketua KPU Kalbar M. Syarifuddin Budi yang juga sebagai narasumber. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment