2.519 Calon Jemaah Haji Asal Kalbar Terdaftar, Sekda Minta Panitia Perhatikan Lansia

KalbarOnline, Pontianak – Persiapan pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kalimantan Barat terus dimatangkan. Di mana pada tahun ini, terdapat sebanyak 2.519 CJH asal Kalbar yang siap diberangkatkan ke tanah suci, Mekkah.

Dari data tersebut, terdapat 126 CJH diantaranya yang telah berusia lanjut (lansia). Di mana yang terbanyak berasal dari Kota Pontianak dengan jumlah 55 orang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar, Harisson berpesan kepada panitia haji agar memperhatikan kenyamanan para jemaah, terlebih yang sudah lansia.

“Kita (panitia) benar-benar memperhatikan jemaah haji yang lansia, terutama pada kenyamanan dan kesehatan dalam menunaikan ibadah haji,” ungkapnya usai memimpin rapat koordinasi persiapan haji tahun 2023, di Ruang Rapat Praja 2, Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (10/05/2023).

Harisson menilai, bahwa jemaah lansia memang penting untuk diperhatikan. Pertama karena memang secara fisik dan kesehatan, para lansia ini tidak seperti jemaah yang lebih muda. Maka dari itu perlu pengecekan kesehatan secara berkala.

Baca Juga :  Harisson Tepis Anggapan Tak Adil Soal Vaksin di Kalbar

“Jadi mereka (jemaah lansia) akan kita kawal dengan petugas kesehatan, dicek terus kesehatannya. Lalu jika dalam perjalanan mereka memerlukan kursi roda, maka akan kita fasilitasi, serta bantuan lainnya. Pemprov bertanggung jawab sampai ke (embarkasi) Batam,” jelasnya.

Lebih lanjut Harisson menerangkan, CJH ini akan diberangkatkan dari Kota Pontianak ke Batam mulai 14 – 20 Juni 2023. Dalam sehari akan ada dua penerbangan dari Kota Pontianak ke Batam.

Terkait jumlah pasti JCH asal Kalbar yang bakal berangkat ke tanah suci, Harisson mengatakan, pihaknya masih menunggu data terbaru dari Kemenag. Lantaran sejauh ini dari 2.519 jumlah jemaah yang terdaftar, mereka yang melunaskan baru sekitar 2.328 orang. Sementara sisanya 184 orang belum melunaskan biaya haji.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Minta Kemenhub Tetapkan Jalur Tongkang, Supaya Tak Tabrak Jermal

“Namun ini masih ditunggu pada 12 Mei 2023 pukul 15.00 WIB. Jika ada calon jemaah haji yang belum melunaskan, maka akan diganti dengan cadangan yang berjumlah 236 orang, yang 111 diantaranya sudah melunaskan biaya haji,” ujar Harisson.

Pemprov Kalbar sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan musim haji tahun ini. Diantaranya melaksanakan rapat koordinasi bersama pihak-pihak terkait, seperti bersama Polda Kalbar, Kodam XII/Tanjungpura, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalbar, Damri, Lion Air, Hotel Ochardz, dan lainnya.

“Kita (tahun ini) masih belum bisa menggunakan asrama haji sehingga menggunakan Hotel Orchardz sebagai penginapan. Kita (nanti) akan segera rapat lagi untuk menindaklanjuti terkait potensi permasalahan yang akan kita hadapi,” tukasnya. (Indri)

Comment