Asisten I Setda Ketapang Buka Seleksi Calon Peserta Paskibraka Kabupaten Tahun 2023

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Edi Radiansyah membuka Seleksi Calon Peserta Pasukan Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Ketapang tahun 2023, di Gedung Pelti Ketapang, pada Selasa (14/03/2023).

Pembukaan tersebut ditandai dengan pengalungan kartu tanda peserta secara simbolis kepada 2 peserta seleksi.

“Kepada anak-anak peserta calon Paskibraka agar dapat mengikuti seleksi ini secara serius, siapkan mental dan fisik kalian serta juga kesehatan selama seleksi berlangsung,” ujar Asisten saat membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Lebih lanjut beliau berharap, paskibraka yang terpilih nanti harus mampu menjadi pengibar bendera sang saka merah putih terbaik ketika ditugaskan.

Baca Juga :  Sekda Kapuas Hulu Pimpin Rapat Penetapan Kelulusan Calon Paskibra Tahun 2023

“Semua itu tentu harus diperjuangkan sejak dini, selain memerlukan pengorbanan juga memerlukan niat tekad, semangat dan kerja keras yang kuat serta keuletan dan ketekunan dari para peserta,” ujarnya.

Pembukaan Seleksi Calon Peserta Pasukan Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Ketapang tahun 2023, di Gedung Pelti Ketapang, Selasa (14/03/2023). (Foto: Adi LC)
Pembukaan Seleksi Calon Peserta Pasukan Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Ketapang tahun 2023, di Gedung Pelti Ketapang, Selasa (14/03/2023). (Foto: Adi LC)

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Ketapang, Andreas Hadi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, bahwa rekrutmen peserta seleksi sudah dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan tanggal 5 Maret 2023 lalu melalui aplikasi Transparansi Paskibraka.

“Peserta yang mengikuti dari setiap SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Ketapang dengan 150 pendaftar dan yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 136 orang,” terangnya.

“Kegiatan seleksi ini dilaksanakan selama 6 hari dengan seleksi parade, PIP dan TIU, wawancara, kesamaptaan dan baris berbaris. Proses seleksi ini akan menghasilkan sebanyak 30 orang siswa, 3 peserta terbaik akan dikirim ke Provinsi dan 27 lainnya di tingkat Kabupaten,” lanjutnya.

Baca Juga :  Pemkab Sambut Kedatangan Anggota Paskibraka Nasional Asal Ketapang

Selain itu disampaikannya, bahwa tim seleksi sudah menggunakan aplikasi khusus dan langsung terkoneksi ke BPIP di Jakarta.

“Maka dari itu kami mohon pengertian dan kerjasama dari semua pihak untuk memperhatikan segala ketentuan yang sudah diatur dalam petunjuk teknis. Saya harap tim seleksi bisa menunjukkan yang terbaik untuk memperoleh yang terbaik juga dari Kabupaten Ketapang untuk Indonesia,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment