Sekda Kapuas Hulu Pimpin Rapat Penetapan Kelulusan Calon Paskibra Tahun 2023

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Mohd Zaini memimpin rapat penetapan kelulusan calon Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) di Ruang Rapat Kerja Bupati Kapuas Hulu, Kamis (28/04/2023).

Sekda Mohd Zaini menyampaikan, bahwa rapat ini terkait dengan proses yang dilakukan, mulai dari penetapan, seleksi paskibraka baik untuk tingkat kabupaten maupun provinsi dan seterusnya.

“Karena memang sekarang tidak lagi dilaksanakan secara manual seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sekda menyampaikan, bahwa proses penentuan paskibraka pada tahun ini sudah menggunakan sistem online, sehingga masyarakat dapat melihat dari hasil penilaian yang dilakukan oleh aplikasi melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Dan kita hanya melihat dari hasil perangkingan yang sudah ada, jadi kita hanya membuat penetapan, terkait dengan mereka yang lulus baik untuk ke tingkat provinsi maupun yang ada di kabupaten,” kata Sekda Zaini.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Buka TMMD Reguler ke-110 Kodim 1206/Psb

Lebih lanjut dijelaskannya, dengan demikian, maka terkait dengan penilaian akan betul-betul dilaksanakan secara objektif, melalui seleksi dan tahapan-tahapan yang dilakukan.

“Dan mohon maaf bagian kecamatan-kecamatan yang memang, pengalaman tahun lalu, yang memang secara manual, sehingga dilakukan per kecamatan ada perwakilan, tetapi mulai tahun ini dan mungkin ke depan tidak ada dikenal dengan perwakilan per kecamatan,” katanya.

“Tapi sudah melakukan seleksi secara umum yaitu melalui online, sehingga kita agak sulit untuk meminta perwakilan masing masing kecamatan seperti tahun sebelumnya, karena ini sudah secara terbuka, sehingga yang punya kemampuan lah yang lulus, dan bisa mengikuti seleksi baik di tingkat provinsi bahkan di tingkat nasional,” sambungnya.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Tutup Open Turnamen Singa Marta Cup 2024

Sekda berharap, dari tiga orang paskibra Kapuas Hulu yang lulus ke tingkat provinsi nantinya, dapat juga lulus di tingkat nasional.

“Jadi saya harapkan kepada masing-masing kecamatan, terutama masing-masing sekolah yang memang dulu setiap tahun ada perwakilan, ke depan mungkin sudah bisa mempersiapkan diri sejak dini, untuk melatih rekan-rekan kita, anak-anak kita, untuk bisa masuk menjadi petugas atau paskibraka di tahun 2024,” ucap Sekda Zaini.

“Yang menjadi prioritas utama masuk paskibra tinggi badan dan berat badan ideal, merupakan faktor utama untuk bisa masuk paskibraka, baik itu tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” pungkasnya. (Ishaq)

Comment