Mahasiswa Harus Berikan Peran Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah

KalbarOnline, Pontianak – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menghadiri pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Kayong Utara (Himakatra) periode 2023 – 2024 di Graha Dekopinwill Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (28/02/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Citra mengingatkan masa depan pembangunan daerah berada di pundak mahasiswa sebagai generasi penerus. Untuk itu, kata dia, mahasiswa Kayong Utara harus mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan ekonomi daerah.

“Caranya membantu atau mengenalkan bahkan mendukung produk lokal kita, salah satunya kopi liberika yang asli dari daerah kita, maka harus dikenal oleh masyarakat luas, bahkan kopi ini menjadi salah satu kopi terbaik di dunia pada festival kopi di Spanyol,” ujarnya.

“Selain itu, mahasiswa ini harus mampu mengangkat wisata-wisata yang ada di daerah, jadi mahasiswa juga perlu tahu, berbagai sektor pembangunan yang telah dicapai pemerintah saat ini,” pesan Bupati Citra.

Baca Juga :  Pemda Kayong Utara Pastikan Normalisasi Sejumlah Titik Banjir Termasuk di Batu Daya

Selanjutnya, mahasiswa Kayong Utara di mana pun berada, diminta harus selalu kompak, kreatif dan harus siap berprestasi, menjadi mahasiswa yang intelektual dan mengabdi kepada masyarakat.

“Sepintar apapun kalau tidak bermanfaat bagi bangsa dan negara tidak ada gunanya,” kata dia.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani berfoto bersama di sela-sela pelantikan Pengurus Himakatra, di Graha Dekopinwill Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (28/02/2023). (Foto: Prokopim/Istimewa)
Bupati Kayong Utara, Citra Duani berfoto bersama di sela-sela pelantikan Pengurus Himakatra, di Graha Dekopinwill Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (28/02/2023). (Foto: Prokopim/Istimewa)

Bupati Citra pun berharap kepada mahasiswa Kayong Utara agar bisa membangun kesadaran, termotivasi serta percaya diri untuk kewirausahaan, sehingga saat lulus nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya berharap harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan, Pemda Kayong Utara saat ini sudah merintis berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap pakai di berbagai bidang atau jurusan,” ujarnya.

Baca Juga :  Nelayan Pencari Ikan Hilang di Sungai Lubuk Batu

“Salah satunya Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan. Jadi Bandara kita sudah dibangun maka anak-anak kita sudah siap,” tambah Bupati Citra.

Sementara itu, Ketua Umum Himakatra periode 2023 – 2024, Jodi Wiranto menyampaikan, mahasiswa dan mahasiswi bisa menjadi kontrol dalam pembangunan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, sehingga perubahan itu bisa dirasakan oleh masyarakat kabupaten Kayong Utara.

“Jadi ke depannya Himakatra bisa menjadi penyambung aspirasi mahasiswa terhadap Kayong Utara, dan Pemda Kayong bisa lebih memperhatikan mahasiswa dan mahasiswi di Pontianak. Himpunan yang aktif kita saling merangkul dan bergerak untuk Himakatra,” papar Jodi. (Santo/Prokopim)

Comment