Pemprov Kalbar Gandeng Bank Indonesia Kembangkan Kopi Liberika Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara, – Pemerintah Provinsi (Pemporv) Kalimantan Barat (Kalbar) berkomitmen terus memberikan dukungan penuh atas pengembangan produk unggulan di sejumlah kabupaten kota. Salah satu potensi lokal yang mendapatkan perhatian yakni kopi liberika di Kabupaten Kayong Utara.

Pemprov Kalbar pun memaksimalkan kolaborasi bersama sejumlah pihak untuk mengembangkan kopi liberika diantaranya dengan Bank Indonesia. Lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) diharapkan berdampak positif atas pengembangan potensi tersebut.

Sejumlah bantuan PSBI untuk pengembangan kopi liberika Kabupaten Kayong Utara tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalbar, Harisson kepada Kelompok Tani (Poktan) Cahaya Kayong Seponti pada Minggu (14/01/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Harisson turut didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari. Keduanya pun berkesempatan meninjau langsung Rumah Jemur Kopi Liberika Kayong Utara.

Baca Juga :  Gakkum KLHK Kalbar dan Tim Gabungan Tangkap Tiga Tersangka Kasus Perdagangan Sisik Trenggiling

Pj Gubernur Harisson mengungkapkan rasa bangganya kepada Poktan Cahaya Kayong Seponti yang mampu mengembangkan kopi liberika. Apalagi menurutnya, kopi liberika termasuk salah satu produk unggulan yang selalu dibanggakan oleh Gubernur Kalbar periode 2018 – 2023, Sutarmidji.

“Pak Sutarmidji beliau selalu menyebut kopi liberika ketika bertemu tamu dari mana pun, beliau bangga dengan kopi liberika,” ujarnya.

Pada momentum tersebut, Pj Gubernur Harisson pun memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang turut berkontribusi dalam pengembangan Kopi Liberika. Dirinya menyebut, sejauh ini Bank Indonesia memang sudah menunjukan kepedulian untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :  Usai Tanam Cabai di Pedalaman, Harisson-Windy Lanjut Panen Rawit di Desa Menyabo Sanggau

“Bank Indonesia sangat peduli dengan UMKM, saya mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia,” jelasnya.

Pj Gubernur Harisson mengajak keberpihakan semua lini untuk mendukung pengembangan kopi liberika. Misalnya dengan mengenalkan dan menyediakan kopi liberika di setiap warung kopi dan cafe-cafe. Dengan upaya tersebut diharapkan ke depan pengembangan Kopi Liberika semakin maju.

“Saya maunya ke depan kita mempromosikan kopi liberika di cafe-cafe dan warung kopi, upaya promosi harus terus kita gencarkan,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment