Sutarmidji ke Warga Kalbar : Penyebaran Covid-19 Sudah Transmisi Lokal

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji tak henti-hentinya mengingatkan warga Kalbar untuk peduli terhadap langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Tanjungpura ini. Berdasarkan informasi terbaru yang didapatnya, Kota Pontianak, jelas Midji, sudah menjadi salah satu wilayah transmisi lokal penularan virus corona. Hal itu disampaikan Midji lewat akun facebook resmi miliknya pada Kamis (26/3/2020) sekitar 3 jam yang lalu.

“Berdasarkan website Kementerian Kesehatan kasus Corona di Pontianak tidak lagi terjangkit karena seseorang pergi ke daerah atau negara tertentu (kasus impor), tapi sudah semakin berbahaya karena keterjangkitan sudah antar warga Pontianak sendiri,” tulis Midji.

Untuk itu orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini meminta seluruh masyarakat tetap mengindahkan upaya-upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah. Semua pihak harus bisa bekerja sama agar langkah yang diambil berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Suasana Bahagia Open House di Kediaman Wagub Ria Norsan

“Jika anda tak mau tetap di rumah, tak mau jaga jarak dan tak peduli dengan kesehatan anda, maka anda sangat rentan tertular karena kita tak tahu siapa yang sudah tertular di sekitar kita. Saya sudah sering sampaikan,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson turut menegaskan agar seluruh warga Kalbar khususnya Pontianak ekstra hati-hati menyusul ditetapkannya Pontianak sebagai wilayah transmisi lokal. Dia meminta warga Pontianak tetap di rumah serta terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat mulai, rutin cuci tangan dan sebagainya.

Baca Juga :  Pemkot Bongkar 15 jembatan di Sungai Raya Dalam

“Tidak ada arahan lagi dari Kemenkes, jadi dengan ditetapkannya Pontianak sebagai wilayah transmisi lokal maka semua penduduk harus ekstra hati-hati. Tetaplah dirumah, jangan keluar rumah, sering cuci tangan, kita tidak tahu virus itu sekarang sedang nempel di permukaan benda apa yang ada di sekitar kita, kita tidak tahu siapa yang sekarang sudah tertular. Karena dari pengalaman terhadap pasien 03 yang sehat-sehat saja selama pemantauan ternyata dia terkonfirmasi positif,” pungkasnya. (Fai)

Comment