Jumat Curhat, Kapolres Ketapang Silaturahmi dengan Pemangku Ikramat Kerajaan Matan Tanjung Pura

KalbarOnline, Ketapang – Kapolres Ketapang, AKBP Laba Meliala bersama sejumlah pejabat utama Polres Ketapang bersilaturahmi ke Komplek Keraton Matan Tanjung Pura di Kelurahan Muliakerta, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Jumat (27/01/2023).

Kedatangan Kapolres Ketapang langsung disambut dengan adat istiadat Kerajaan Tanjung Pura oleh sesepuh dan perangkat Kerajaan Matan Tanjung Pura dengan memberikan kain kuning serta tepung tawar.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Tampak hadir mendampingi Kapolres Laba, Kabag Ops Polres Ketapang, Kompol Yafet Patabang, Kasat Intelkam Polres Ketapang, AKP Agustana, Kasat Binmas Polres Ketapang, AKP Sulardi serta Kapolsek Benua Kayong, IPTU Sumiadinata.

Kapolres Laba dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa kunjungan dirinya bersama jajaran ke sesepuh serta Pengurus Ikramat itu sekaligus sebagai perkenalan, dirinya sebagai warga baru di Kabupaten Ketapang.

”Saya haturkan salam hangat, salam persaudaraan kepada para alim ulama, sesepuh para tokoh masyarakat dan terutama kepada ketua serta pengurus Ikatan Keluarga Kerajaan Matan Tanjung Pura Kabupaten Ketapang,” sapa kapolres.

Baca Juga :  Antisipasi Karhutla, Polres Ketapang Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan

Dirinya juga menyampaikan, kehadirannya bersama sejumlah pejabat polres itu juga untuk melaksanakan program “Jumat Curhat”, di mana melalui program ini, Polres Ketapang ingin lebih dekat bersama seluruh lapisan masyarakat tanpa ada batasan.

Silaturahmi Kapolres Ketapang, AKBP Laba Meliala bersama sesepuh dan perangkat Kerajaan Matan Tanjung Pura ini juga dalam rangka menjalankan program Jumat Curhat. (Foto: Adi LC)
Silaturahmi Kapolres Ketapang, AKBP Laba Meliala bersama sesepuh dan perangkat Kerajaan Matan Tanjung Pura ini juga dalam rangka menjalankan program Jumat Curhat. (Foto: Adi LC)

“Melalui ‘Jumat Curhat’ ini, kami berharap mendapatkan masukan, saran yang membangun untuk kami, agar kedepannya, Polres Ketapang dapat mengemban tugasnya sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, serta dalam penegakan hukum akan semakin profesional, cepat dan humanis,” ujar Kapolres Laba.

Di samping itu, ia juga menambahkan, kegiatan Jumat Curhat ini bertujuan dalam rangka menjalin sinergitas serta menjaga hubungan yang baik antara kepolisian dengan tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh budaya, sehingga seluruh elemen masyarakat dapat bersama-sama menciptakan dan menjaga kamtibmas yang kondusif, khususnya di wilayah hukum Polres Ketapang.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Kerajaan Matan Tanjung Pura (Ikramat) Ketapang, Uti Royden Top dalam kesempatannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Ketapang dan di Keraton Matan Tanjung Pura Ketapang kepada Kapolres Ketapang, AKBP Laba Meliala.

Baca Juga :  Polisi Ringkus 10 Pelaku PETI di Kecamatan MHS Ketapang

Uti Royden Top atau yang akrab disapa Otop menyatakan, bahwa pihaknya merasa terhormat atas kunjungan dari orang nomor satu di Polres Ketapang tersebut. Otop menyampaikan, silaturahmi dari Kapolres Ketapang bersama jajaran menandakan bahwa Polres Ketapang selalu menjaga kemitraan yang sangat baik bersama pihak Ikramat.

Dirinya juga mengapresiasi dengan diadakannya program Jumat Curhat yang di mana menurutnya merupakan cara yang sangat elegan dari kepolisian dalam mendekatkan diri dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Kami dari Ikatan Keluarga Kerajaan Matan Tanjung Pura sangat mengapresiasi atas kunjungan Bapak Kapolres beserta jajaran, dan mengenai program Jumat Curhat ini, saya sampaikan adalah langkah yang tepat yang dilakukan kepolisian,” ucapnya. (Adi LC)

Comment