Bupati Kapuas Hulu Pimpin Rapat Pertemuan dengan GIZ, Ini Agenda yang Dibahas

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memimpin rapat pertemuan dengan GIZ yang dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat Pemkab Kapuas Hulu, Senin (28/11/2022).

Pertemuan tersebut membahas kelanjutan program dari GIZ pada tahun 2023 – 2025 dengan anggaran sebesar Rp 64 miliar.

Bupati Kapuas Hulu mengatakan, bahwa terkait perencanaan kedepan dari GIZ sudah menyentuh visi dan misi Kepala Daerah Kapuas Hulu. Program ini berlangsung dari 2023 sampai 2025.

“Program yang kami lihat sejalan diantaranya program membangun tata kelola niaga dan komoditi petani, karet, madu, ikan arwana. Semoga dengan program GIZ dapat membantu sertifikasi sawit mandiri, agar masyarakat bisa menjual hasil sawitnya ke perusahaan,” ujar bupati.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mepimpin rapat pertemuan dengan GIZ. (Foto: Ishaq)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mepimpin rapat pertemuan dengan GIZ. (Foto: Ishaq)

Pria yang karib disapa Bang Sis tersebut juga memberi masukan agar GIZ turut memprogramkan untuk infrastruktur. Dengan demikian, dapat mendorong keluarnya hasil-hasil pertanian untuk dijual ke pasaran.

“Semoga dari dana ini bisa membantu kami dari sisi infrastruktur jalan atau jembatan. Bagaimana kita bisa keluarkan hasil alam untuk dipasarkan kalau infrastruktur terbatas,” ujarnya.

Bupati menuturkan, pimpinan GIZ sudah menjelaskan bahwa mereka berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian untuk program-programnya. Sebab itu, Bupati Sis juga berharap agar GIZ dapat membantu untuk mendorong legalitas kratom.

“Kratom sangat membantu masyarakat kami. Kalau sudah ada kepastian hukum ini bisa dikelola dengan leluasa,” ungkap Bupati Kapuas Hulu. (Ishaq)

BACA JUGA:  Pesan dan Harapan Ketua Pengprov untuk Ketua PERTINA Kapuas Hulu

Comment