by

Sukseskan Pemilu 2024, KPU Melawi Sosialisasikan Tahapan dan Jadwal Pemilu

KalbarOnline, Melawi – Untuk mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Melawi menggelar Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, bertempat di ballroom salah satu hotel di Kota Nanga Pinoh, Rabu (14/09/2022).

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Melawi Kluisen, Forkopimda, camat, kepala desa, mahasiswa, dan berbagai organisasi masyarakat.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo mengungkapkan, materi sosialisasi yang disampaikan meliputi tahapan dan jadwal Pemilu serentak tahun 2024.

Dedi mengajak, peserta yang hadir bisa membantu KPU mensosialisasikan semua tahapan dan jadwal yang termuat dalam PKPU 3 tahun 2022, dapat tersebarluaskan kepada seluruh masyarakat dimana mereka berada.

Dia menjelaskan, Pemilu 2024 sudah ditetapkan proses pemungutan suara digelar pada 14 Februari untuk Pemilu anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

“Kita harap masyarakat bisa proaktif dalam mengikuti semua tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu 2024. Tanpa peran dan dukungan masyarakat serta Ormas, KPU tak bisa melaksanakan tugas. Kami perlu dukungan semua pihak. Untuk ikut mencerdaskan masyarakat kita,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga berharap terkait peran pemerintah daerah untuk kelancaran tugas dan wewenang penyelenggaraan Pemilu wajib memberikan bantuan dukungan fasilitas, sesuai dengan tingkatan. Seperti dukungan penyediaan sarana prasarana sekretariat PPK yang juga termuat dalam UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Kluisen, mendorong semua pihak bisa memberikan dukungan terkait pelaksanaan Pemilu, sehingga pelaksanaan semua tahapan bisa berjalan dengan baik.

Kluisen menambahkan untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu nanti, diperlukan pemberian pendidikan politik melalui sosialisasi secara masif kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Melawi.

“Melalui pendidikan politik yang benar akan menjadikan masyarakat lebih cerdas dalam berpikir, bersikap dan bertindak terhadap Pemilu serentak,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemkab Melawi Kembalikan Mahasiswa PKL IAIN Pontianak

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polres Melawi, Aang Permana menyampaikan,  semua kegiatan tahapan, kepolisian akan terlibat aktif dalam pengamanan kegiatan Pemilu serentak 2024 nanti.

Lebih lanjut dikatakan, menghadapi pemilu nanti, pihaknya akan merumuskan pengamanan untuk setiap tahapan Pemilu itu melalui operasi. Namun ia belum merincikan lebih detail kapan operasi tersebut mulai dilaksanakan.

“Yang pasti, Polri akan menggelar operasi yang dinamakan Operasi Mantap Brata, dari tingkat Mabes sampai tingkat Polres jajaran,” jelasnya.

Ia pun memastikan, Polri siap mengamankan penyelenggaraan dan tahapan Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Melawi.

Comment