Sutarmidji Tak Janji Jalan Provinsi di Ketapang Bakal Mulus Semua

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengaku tak bisa memastikan kalau jalan provinsi di Kabupaten Ketapang bisa mulus semua hanya dalam satu masa periodisasi kepemimpinannya. Hal itu lantaran panjangnya jalan provinsi di sana yang tak berbanding lurus dengan kecilnya ukuran kantong APBD Kalbar.

“Sebagian bisa aspal mulus, sebagian masih belum bisa. Karena terlalu panjang. Ada satu ruas jalan sampai 50 kilometer. 50 kilometer itu perlu Rp 300 miliar kalau mau aspal semua. Dan kita hanya mampu menyediakan untuk seluruh kalbar itu Rp 800 miliar. Seluruh Kalbar. Jadi tak mungkin bisa,” ungkap Sutarmidji kepada awak media saat diwawancarai usai upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (17/08/2022).

Sebelumnya Sutarmidji menjelaskan, bahwa total panjang keseluruhan jalan provinsi yang ada di daerah yakni sekitar 1500 kilometer. Dari 1500-an kilometer jalan provinsi itu, lebih dari 400 kilometernya berada di Kabupaten Ketapang.

“Tahun ini kalau (untuk anggaran) jalan, lebih dari sekitar Rp 500 miliar, tahun depan sekitar Rp 700 sampai Rp 800 miliar. Yang paling berat tahun ini itu Siduk-Sukadana, Tanjung-Marau, Air Upas, dan banyak lagi. Tahun ini sudah mulai dikerjakan, tahun depan dilanjutkan,” katanya. (Jau)

BACA JUGA:  Berikan Kuliah Umum di Auditorium Untan, Kapolri: NKRI Rawan Terjadi Perpecahan

Comment