Bupati Kapuas Hulu Launching Proyek Peningkatan Jalan Desa Senilai Hampir Rp 20 M

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, me-launching proyek peningkatan jalan desa pada ruas Jalan Seberu – Nanga Lungu di Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Ahad (24/07/2022) sore.

Dalam sambutannya, Fransiskus Diaan menyampaikan, ruas jalan sepanjang 35,2 Km ini dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kapuas Hulu. Hal itu sejalan dengan kewenangan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam penyelenggaraan jalan. 

“Berdasarkan keputusan Bupati Nomor 513 Tahun 2021 yang menjadi tanggung jawab dinas PUPR yaitu jalan kabupaten dengan panjang 1.106.148 Km, terdiri dari 146 ruas jalan dan jalan desa dengan total panjang 878,979 terdiri dari 124 ruas jalan,” kata Fransiskus.

Baca Juga :  Perbaikan Jalan Amin dan KS Tubuh di Putussibau Utara Butuh Rp8 Miliar, Fransiskus Diaan: Tidak Bisa Sekaligus
Seremonial kegiatan launching proyek peningkatan jalan desa di Kecamatan Silat Hulu. (Foto: Istimewa)
Seremonial kegiatan launching proyek peningkatan jalan desa di Kecamatan Silat Hulu. (Foto: Istimewa)

Selanjutnya, orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas itu menerangkan kalau ruas Jalan Seberu – Nanga Lungu ini merupakan ruas jalan desa bernomor ruas 263, berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 513 Tahun 2021. 

“Ruas jalan dengan panjang 35,2 km yang menghubungkan beberapa desa yang ada di Kecamatan Silat Hilir dan Silat Hulu, antara lain Desa Seberu, Desa Nanga Dangkan, Desa Lebak Najah, Desa Selimu dan Desa Nanga Lungu. Ruas jalan ini sangat penting bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Silat Hulu,” kata Bupati Fransiskus. 

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Resmikan Jembatan Marsedan di Semitau Kapuas Hulu

“Pada kesempatan kali ini saya selaku Bupati Kapuas Hulu ingin mengajak masyarakat yang ada di Kecamatan Silat Hilir dan Silat Hulu dapat mendukung kelancaran pekerjaan peningkatan jalan desa ini, sehingga pekerjaan jalan ini nantinya dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” imbau bupati.

Foto bersama launching proyek peningkatan jalan desa pada ruas Jalan Seberu - Nanga Lungu di Kecamatan Silat Hulu. (Foto: Istimewa)
Foto bersama launching proyek peningkatan jalan desa pada ruas Jalan Seberu – Nanga Lungu di Kecamatan Silat Hulu. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Plt Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kapuas Hulu, Marthen menambahkan, bahwa biaya yang digelontorkan bagi pengerjaan jalan desa ini senilai hampir Rp 20 miliar.

“Untuk ruas Jalan Seberu – Nanga Lungu ditangani dengan Dana Alokasi Umum atau APBD Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2022 dengan alokasi anggaran Rp 19,964 miliar,” terangnya. (Ishaq)

Comment