by

Jelang Idul Adha 2022, Polda Kalbar bersama Disbunak Kalbar Gelar Disinfektasi Hewan Ternak

KalbarOnline, Kubu Raya – Dalam rangka mencegah sebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) jelang Hari Raya Idul Adha 2022, Satgas Ops 2 Penanganan Polda Kalbar bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Provinsi Kalbar, menggelar disinfektasi hewan ternak milik masyarakat di Jalan Parit Haji Muksin, Gg Santri, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (07/07/2022).

Dalam kesempatan itu, Kasatgas Ops 2 Penanganan, AKBP Riki Renerika Rinanto menyampaikan, bahwa pada kegiatan disinfektasi ini pihaknya melakukan pemeriksaan, pemberian suplemen maupun obat-obatan terhadap hewan yang terindikasi sakit.

AKBP Riki juga menambahkan, kegiatan disinfektasi tersebut juga dirangkai dengan pemberian sosialisasi kepada warga tentang bahayanya wabah PMK.

“Agar selalu menjaga kebersihan kandang dan orangnya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kandang sapi dengan cara menyemprotkan disinfektan,” katanya.

AKBP Riki juga berpesan, bagi para peternak untuk dapat segera melaporkan kejadian–jika mendapati hewan ternaknya mengalami sakit atau terindikasi terinfeksi PMK.

“Sehingga dapat ditangani dengan cepat, karenanya agar sedapat mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait, bila ada yang terjangkit wabah PMK,” ujarnya. (Jau)

BACA JUGA:  Hewan Terkena PMK Bisa Disembuhkan Secara Tradisional, Begini Caranya..

Comment