by

Mengenal Sosok Kapolsek Pontianak Utara AKP Suryadi

KalbarOnline, Pontianak – Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suryadi merupakan seorang perwira kepolisian yang belum lama ini diberi amanah oleh Kapolresta Pontianak, Kombes Andi Herindra, menjabat selaku Kapolsekta Pontianak Utara.

Walau terbilang baru, keberadaanya sebagai kapolsek sangat dirasakan masyarakat. Program-program utamanya dalam meningkat sinergitas dengan para tokoh, ulama serta para pemuda menjadi cara ampuh yang dilakukan oleh perwira yang pernah mendapat penghargaan dari Kapolri (sebelumnya) Tito Karnavian ini dalam menjaga kondusifitas wilayah hukumnya.

Agenda coffee morning dengan masyarakat pun selalu digelarnya. Saling diskusi serta menerima masukan dari masyarakat menjadikan citra kepolisian di wilayah Polsekta Pontianak Utara semakin baik. 

Tak hanya itu, program-program penguatan pada bidang keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan juga turut menjadi agenda utama tugasnya dalam hal membina masyarakat. Kegiatan-kegiatan keagamaan–mulai dari tadarus Al-Qur’an, pembacaan Yasin serta sholawatan–secara rutin dilaksanakan dua pekan sekali, pada setiap malam Jumat.

Dalam hal menjalankan tugas, mantan Kanit Jatantas Polresta Pontianak yang disegani para pelaku kejahatan di Pontianak ini berprinsip, bahwa keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah hukumnya merupakan harga mati yang tak bisa ditawar lagi.

“Ini sudah menjadi tugas kami sebagai Polri. Pelayanan, keamanan dan kenyamanan masyarakat adalah menjadi program utama saya ketika diberikan amanah oleh pimpinan (Kombes Pol Andi Herindra, red),” ujar Suryadi, Kamis (9/6/2022).

Oleh karenanya, Suryadi berpesan kepada anggotanya, agar selalu berpegang pada aturan, hukum dan perundang-undangan, dalam setiap menjalankan tugasnya di lapangan.

Kembali soal pembinaan, selaku pemegang tongkat komando kewilayahan, Suryadi juga tak lupa mengecek dan mencari informasi berkaitan dengan kondisi masyarakatnya. Ia pun selalu siap saat dibutuhkan.

Hal itu seperti yang dilakukannya–dalam rangka menjelang HUT Polri ke 76–dimana dirinya melakukan anjangsana ke kediaman Hj Halijah (94 tahun), salah satu masyarakatnya yang sedang sakit. Halijah merupakan ibu dari salah satu tokoh masyarakat Kota Pontianak, HM Fauzi.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Varian Omicron Jelang Nataru

Dengan menjunjung tinggi adab-adab ketimuran, secara sopan Suryadi meraih dan mencium tangan Halijah, seraya mendoakan agar penyakit beliau dapat segera diangkat, diberikan kesembuhan serta diberikan kesehatan dari Allah.

HM Fauzi, dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih banyak atas silaturahmi dari Kapolsekta Pontianak Utara, AKP Suryadi.

Fauzi mengaku telah mengamati sejumlah pimpinan kepolisian di Pontianak Utara. Namun ada yang berbeda dari AKP Suryadi. Bagi Fauzi, AKP Suryadi merupakan sosok kapolsek yang sangat membaur dengan masyarakat. 

“Benar-benar bersinergi dengan para tokoh, masyarakat serta para pemuda. Saya rasa, ini merupakan contoh polisi yang dapat dikatakan menyatu dengan masyarakat atau tanpa sekat dan membuat masyarakat segan,” kata Fauzi.

Fauzi menyatakan, AKP Suryadi saat ini telah membangun sinergitas yang sangat baik dan menciptakan kondusifitas masyarakat di kecamatan Pontianak Utara.

“Jadi ada beberapa hal yang sangat positif semenjak AKP Suryadi menjadi kapolsek di sini, dan itu benar-benar dirasakan keberadaanya di Pontianak Utara,” ujarnya.

Fauzi juga menambahkan, langkah-langkah kepolisian seperti ini lah yang harus didukung masyarakat dan mendapatkan apresiasi, karena yang dibangun itu adalah kebersamaan dengan masyarakat. 

“Polisi seperti ini layak mendapatkan apresiasi,” tutup Fauzi. (Jau)

Comment