Ketua PKK dan Kadiskes Kalbar Canangkan Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM di Bengkayang

KalbarOnline, Bengkayang – Berkunjung ke Kabupaten Bengkayang, membersamai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Lismaryani Sutarmidji, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Hary Agung Tjahyadi menghadiri kegiatan Pencananganan Bulan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang diadakan di Kantor Bupati Bengkayang, Selasa, 7 Juni 2022.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalbar ini merupakan sinergitas bersama antara Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang khususnya Tim Penggerak PKK, Forkopimda serta bidang kesehatan Kabupaten Bengkayang.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) untuk deteksi dini kanker serviks, dan juga pemeriksaan faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah sewaktu, asam urat, kolesterol, serta skrening tajam penglihatan dan tajam pendengaran.

Selain itu, diadakan juga kegiatan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran untuk masyarakat umum.

Baca Juga :  Hasil Pemeriksaan Dikeluhkan Masyarakat, Dinkes Kalbar Stop Sementara Operasional Dua Laboratorium Swasta di Pontianak

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Lismaryani menyampaikan bahwa penyakit-penyakit tidak menular dan juga kanker khusunya kanker serviks memiliki prevalensi tinggi penyebab kematian, baik di tingkat global maupun di Indonesia.

Ketua PKK dan Kadiskes Kalbar Canangkan Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM di Bengkayang
Kadiskes Kalbar Hary Agung saat memberikan sambutannya pada pencananganan Bulan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kabupaten Bengkayang (Foto: **/KalbarOnline.com)

“Maka dari itu, pencanangan bulan deteksi dini penyakit tidak menular ini dimaksudkan untuk melakukan percepatan pencapaian target. Dilakukannya deteksi dini di harapkan penyakit dapat terdeteksi lebih awal sehingga dapat di tangani secara cepat dan tepat serta dapat menurunkan angka kematian,” ujar Lismaryani

Lismaryani juga mengimbau kepada para wanita untuk memeriksakan diri secara berkala guna memeriksa kanker leher rahim dan kanker payudara ke fasilitas kesehatan terdekat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Hary Agung menyampaikan bahwa penanggulanan PTM ini harus dilakukan secara terintegritas dan perlu dukungan berbagai pihak.

“Dalam upaya meningkatkan penanggulangan dan pencegahan penyakit tidak menular akan berhasil jika dilaksanakan secara terintegrasi dan menyeluruh dengan dukungan dari lintas sektor, profesi, institusi, LSM, masyarakat, dan swasta serta semua layanan kesehatan untuk meningkatkan akses pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat,” jelas Hary Agung.

Baca Juga :  Edukasi PSN di SDN 02 Bengkayang, Harisson: Jangan Sampai Sekolah Jadi Sarang Nyamuk yang Membunuh Murid

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan pemeriksaan PTM, dan IVA serta meninjau pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di SDN 09 Rangkang, Kecamatan Bengkayang.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Kalbar juga sempat berkunjung dan membuka kegiatan serupa yang diadakan di Gedung Balai Muslimah, Kecamatan Sanggau Ledo.

Hary Agung beserta rombongan juga meninjau pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dilaksanakan di SDN 17 Paling Luar, Desa Sango, Kecamatan Sanggau Ledo. (*)

#Dinkeskalbar #BulanGerakanDeteksiPTM #BIAN #Kesehatan #KalbarSehat

Comment