PMI Kalbar Gelar Aksi Sosial Khitanan Massal

KalbarOnline, Pontianak – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalbar menyelenggarakan khitanan massal di Markas PMI Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo, Kota Pontianak, Rabu (23/08/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan juga HUT ke-78 PMI.

Ketua PMI Kalbar, Lismaryani bersyukur bahwa kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat, di mana dari target 100 anak namun yang mendaftar sampai 115 anak.

“Kami mengadakan sunatan massal dengan target 100 anak. Tapi hari ini sudah terdaftar 115 anak, dan Alhamdulillah anak-anak yang datang ini berasal dari Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Landak dan Kota Pontianak. Setelah dikhitan, peserta juga kita berikan bingkisan,” ungkap Lismaryani.

Lismaryani yang turun langsung meninjau pelaksanaan aksi sosial tersebut tampak didampingi oleh sejumlah pengurus TP-PKK serta PMI Kalbar.

Baca Juga :  Resmi Jabat Ketua PMI Provinsi, Lismaryani Komit Dorong Pemenuhan Persediaan Darah di Kalbar

Lebih lanjut menyampaikan, selain berasal dari berbagai daerah, dalam khitanan massal kali ini, ia menyebutkan juga terdiri dari anak-anak dengan berbagai usia. Yang paling besar berusia 12 tahun, sementara yang paling kecil berusia 3 tahun.

Ketua PMI Kalbar, Lismaryani Sutarmidji memotivasi peserta khitanan massal yang digelar PMI Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Ketua PMI Kalbar, Lismaryani Sutarmidji memotivasi peserta khitanan massal yang digelar PMI Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“(Kegiatan sosial ini) tidak hanya sampai di sini, tapi akan berlanjut dengan mencari anak-anak yang kurang mampu untuk kami ikut sertakan pada program khitanan massal selanjutnya,” terangnya.

Lismaryani menjelaskan, untuk tenaga medis serta dokter yang melaksanakan khitan, berasal dari Dinas Kesehatan Kalbar.

“Di sini (markas PMI) banyak ruangan dan tempat tidur ada 10, jadi satu anak itu ada yang satu dan ada yang dua tenaga kesehatannya. Apabila ada anak yang meronta (menangis) kami siapkan tiga sampai empat tenaga kesehatannya,” pungkasnya.

Baca Juga :  92 Anak Panti Asuhan di Pontianak Dapat Perawatan Gigi Gratis dari Jerman

Salah satu orang tua yang ikut mengantar anaknya khitan, Ningsih merasa terbantu dengan adanya program aksi sosial tersebut. Mewakili anaknya yang bernama Akil, ia pun menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara kegiatan karena bisa mendapat fasilitas khitan gratis.

“Kegiatan ini bagus, jadi semuanya terarah dari segi jamnya sesuai, dan cepat penanganannya,ramah-ramah juga,” puji Ningsih.

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan banyak lagi yang bisa khitanan massal. Kepada penyelenggara saya ucapkan terima kasih sudah melaksanakan kegiatan ini, karena sangat membantu bagi kami,” tuturnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment