Pj Gubernur Harisson Kukuhkan Ayah dan Bunda Genre Kabupaten Bengkayang

KalbarOnline, Bengkayang – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson yang juga selaku Ayah Generasi Berencana (Genre) Provinsi Kalbar mengukuhkan Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis dan Anita Sebastianus Darwis sebagai Ayah dan Bunda Genre Kabupaten Bengkayang, pada Kamis (07/03/2024), di Hotel Lala Golden.

Dalam acara pengukuhan tersebut, Harisson didampingi oleh Pj Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar yang juga Bunda Genre Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson.

Penunjukan Bupati Bengkayang beserta istri sebagai Ayah Genre dan Bunda Genre Kabupaten Bengkayang tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Kalbar Nomor 04/PK.02/BKKBN Tahun 2024.

Pengukuhan ini diharapkan dapat mendorong peran dan program kerja Ayah dan Bunda Genre di wilayah Kabupaten Bengkayang.

Dalam sambutannya, Harisson menyampaikan pentingnya pembinaan terhadap remaja usia 10 – 24 tahun yang belum menikah melalui program Genre.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemkot Pontianak Evaluasi Standar Pelayanan Minimal

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya keluarga yang terencana dengan baik, termasuk pendidikan, kesehatan, peningkatan gizi, dari remaja, ibu hamil dan anak-anak,” jelas Harisson.

Hal itu lanjutnya, sejalan dengan cita-cita besar bangsa Indonesia, yakni Indonesia Emas 2045 yang didukung dengan generasi emas yang sehat, cerdas, unggul, terampil, dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

“Kedepannya, kita akan seperti negara maju, di mana masyarakat tidak perlu disuruh untuk membatasi jumlah anak. Karena, walaupun jumlah penduduk meningkat, pertumbuhan penduduk di Kalimantan sudah mulai menurun,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Sebastianus Darwis mengapresiasi pelantikan tersebut dan sekaligus menyambut baik kunjungan Pj Gubernur Kalbar beserta rombongan di Kabupaten Bengkayang. Dirinya menyatakan siap mendukung program Genre.

“Kami akan membentuk Genre sampai ke tingkat kecamatan dan desa, bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkayang. Tujuannya agar keluarga di Bengkayang benar-benar terencana hidupnya,” sebut Darwis.

Baca Juga :  Puncak Haornas 2022, Pemprov Kalbar Launching Dabor dan Galeri Olahraga di SSA Pontianak

Darwis juga menjelaskan beberapa program pembangunan daerah, seperti program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk meningkatkan akses air bersih dan sanitasi, program penurunan stunting, serta peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM).

Kegiatan pengukuhan ini dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada remaja Genre dan penyampaian materi tentang program Genre.

Diharapkan, dengan dikukuhkannya Ayah dan Bunda Genre Kabupaten Bengkayang itu, program Genre dapat berjalan lebih efektif dan optimal dalam mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan berencana, sebagai landasan terciptanya negara Indonesia yang maju dan tangguh.

Pengukuhan tersebut turut disaksikan secara langsung oleh Kepala BKKBN Kalbar, Direktur Kepatuhan Bank Kalbar, beberapa Kepala Perangkat Daerah Kalbar, Sekda Bengkayang beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkayang. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment