by

Ramah Mesra dengan Wartawan Kalbar, Konsul Malaysia Ungkap Rencana Kerjasama Antar Negara

KalbarOnline, Pontianak – Konsul Malaysia di Pontianak Azizul Zekri menggelar Majelis Ramah Mesra Konsul Malaysia Bersama Media di Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu, 16 April 2022.

Kegiatan yang dirangkai dengan buka puasa bersama itu dihadiri oleh seluruh jawatan Konsulat Malaysia dan puluhan wartawan serta pimpinan media di Pontianak.

Azizul Zekri saat diwawancarai usai kegiatan mengungkapkan, ramah tamah dengan pihak media di Pontianak bertujuan untuk mempererat silaturahim bersama Konsulat Malaysia.

Azizul mengatakan, dirinya baru menjabat sebagai Konsul Malaysia di Pontianak sekitar empat bulan. Selama itu menurutnya mulai dijalankan beberapa program-program kerjasama.

Di mana sejalan dengan dibukanya pintu perbatasan Sarawak, Malaysia dengan Kalbar Indonesia pada 1 April 2022 lalu, ada beberapa kerjasama antar negara yang mulai akan dijalankan bersama. Seperti di bidang ekonomi, sosial, pariwisata dan pendidikan.

“Jadi pada masa yang sama kami coba meneruskan kerjasama-kerjasama yang terkendala sebelum ini akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Seperti yang terbaru disebutkan dia pada 30 Maret 2022 lalu, ada kunjungan dari pihak Maritim Malaysia ke Pelabuhan Kijing, Kabuaten Mempawah.

Kunjungan itu bertujuan untuk menggali peluang-peluang kerjasama dalam dunia kelautan.

Selain itu di masa yang sama, pihaknya juga mendapat permintaan dari beberapa perguruan tinggi di Malaysia untuk mengadakan kerjasama di bidang pendidikan tinggi dengan Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

“Jadi kerjasama yang sekiranya dilakukan setiap tahun (sebelum pandemi), kalau bisa dilaksanakan setelah semuanya kembali normal (pasca pandemi) akan kami rencanakan kembali,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Terhindar dari Bencana Berkat Program KPR MBR Bank BTN

Comment