Kalbar Pecahkan Rekor MURI Pangkong Sotong

KalbarOnline, Pontianak – Provinsi Kalbar berhasil memecahkan Rekor MURI memangkong sotong dengan peserta sebanyak 570 orang di halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak, Jumat (23/02/2024).

Sotong pangkong sendiri adalah jajanan khas yang biasanya ramai dijual pada bulan Ramadhan di daerah Kota Pontianak. Lokasi pusatnya biasanya berada di Jalan Merdeka Pontianak.

Mulai dari orang tua, kawula muda bahkan anak-anak juga menggemari kudapan khas Kota Khatulistiwa ini.

Cara memasaknya pun khas, mulai dari mengolah cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang. Kemudian setelah dibakar, lalu cumi ini akan dipukul-pukul menggunakan palu. Lalu dibakar lagi, dan dipukul lagi sampai teksturnya lembut. Terakhir, cumi yang sudah siap dihidangkan dipadukan dengan saus cabe, cuka ataupun kacang dengan aroma ebi yang khas.

Baca Juga :  Cornelis Ajak Warga Landak Sukseskan Pemilu 2024 dan Patuhi Prokes Covid-19

Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar ini. Dirinya menilai, hal ini merupakan langkah positif, selain dalam memperkenalkan  juga melestarikan dan menjadi media promosi bagi UMKM yang ada di Kalbar untuk terus berkembang.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Ini buktinya keberpihakan pemerintah dalam membina UMKM. Kami juga berharap, ada pertemuan antara BUMD, pengusaha-pengusaha yang berminat untuk bekerja sama dan membina produk mereka. Dari usaha kecil menjadi menengah dari menengah menjadi besar. Karena di Kalbar ini, PDRB-nya 61 persen berasal dari UMKM,” terangnya.

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Paparkan Materi pada Siswa Dikreg Seskoal

Ia juga menyebutkan, bahwasanya saat ini wisata kuliner menjadi primadona dalam mendorong pertumbuhan dan daya tarik pariwisata di Indonesia.

“Saat ini, dalam dunia pariwisata bukan hanya destinasi yang menjadi daya tarik, tapi pada tahun ini kuliner yang menjadi daya tarik utama para wisatawan. Sotorng pangkong ini sebagai salah satu primadonanya,” ucap Harisson.

Turut hadir dalam kesempatan itu, PJ Sekda Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson, Chef Marinka yang menjadi juri pada lomba masak Kalbar Food Festival kali ini. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment