Kalbar Sukses Jadi Tuan Rumah Rakornas Pariwisata 2024

KalbarOnline, Pontianak – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata yang berlangsung pada 23 – 25 Februari 2024 sukses digelar di Provinsi Kalbar. Semburan pujian dan apresiasi silih datang dari para tamu yang merupakan kepala dinas pariwisata dari seluruh penjuru tanah air.

Puncaknya, pengakuan serta apresiasi juga keluar dari bibir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno tentang keseriusan Pemprov Kalbar dalam menyelenggarakan event tersebut.

“Sukses Bu Windy Ibu Kepala Disporapar dan juga Pak Pj Gubernur Kalbar,” ucap Sandiaga Uno kepada Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson dan Pj Ketua PKK Provinsi Kalbar yang juga Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari.

Kalbar Sukses Jadi Tuan Rumah Rakornas Pariwisata 2024 1

Seperti diketahui, rakornas pariwisata yang ikut dihadiri oleh team of operator leader dari seluruh daerah se-Indonesia itu sebelumnya turut dirangkai dengan beberapa agenda, diantaranya Saprahan Khatulistiwa pada 17 – 23 Februari, launching Kalender Event Pariwisata 2024 pada 23 Februari, Kalbar Food Festival pada 17 – 25 Februari, dan Mini Festival Cap Go Meh pada 24 Februari.

Selain itu, diselenggarakan pula Rekor MURI memangkong sotong dengan peserta sebanyak 570 orang di halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak, pada Jumat (23/02/2024).

Pemprov Kalbar melalui disporapar, sejak awal telah mengemas rakornas tersebut dengan sangat serius. Sejumlah event-event pariwisata akbar sengaja dihadirkan untuk mengenalkan provinsi ini secara luas.

Provinsi Kalbar bahkan dianggap mampu menjadi role model bagi daerah-daerah lain di Indonesia dalam menyelenggarakan rakornas pemasaran pariwisata. Para tamu yang hadir dari seluruh wilayah Indonesia pun diajak untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kalbar.

Pada rakornas hari pertama, diisi dengan seminar paparan agenda serta rencana strategis selama 2024. Mulai dari calendar of events, berbagai aktivitas promosi, hingga pemasaran desa wisata unggulan yang dimiliki oleh setiap provinsi.

Baca Juga :  Gerak Cepat Wilmar Bantu Warga Kalbar Terdampak Banjir
Kalbar Sukses Jadi Tuan Rumah Rakornas Pariwisata 2024
Pj Gubernur Kalbar Harisson bersama Pj Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari usai membuka mini Festival Cap Go Meh yang digelar di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung di Kota Singkawang (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Para kepala dinas pariwisata juga memaparkan kolaborasi maupun kerja sama terpadu yang dapat diusulkan untuk dilakukan, baik bersama deputi bidang pemasaran kemenparekraf/baparekraf maupun dengan dinas pariwisata dari berbagai provinsi atau mitra stakeholders terkait lainnya.

Selain tingkat provinsi, beberapa kepala dinas pariwisata kabupaten/kota juga turut hadir memeriahkan rakornas tersebut. Pada hari yang sama, secara paralel juga digelar kegiatan table top di Pontianak Convention Center (PCC).

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono mengungkapkan, rakornas pemasaran pariwisata di Provinsi Kalbar tersebut merupakan kali pertamanya digelar di Indonesia. Agenda itu menjadi sangat strategis dalam rangka menyamakan persepsi terkait pengelolaan dan pemasaran pariwisata dari tiap daerah yang majemuk.

“Hari ini kita laksanakan rakornas pemasaran pariwisata, ini pertama di Indonesia. Hal ini penting, karena banyak strategi pariwisata antara daerah satu dengan daerah lainnya, semua ini harus terintegrasi,” kata Dwi.

Kalbar Sukses Jadi Tuan Rumah Rakornas Pariwisata 2024
Peluncuran Calendar of Events Kalimantan Barat 2024 yang dirangkai dengan Rakornas Pemasaran Pariwisata (Foto: Kemenparekraf/KalbarOnline.com)

Dirinya menyebutkan, kalau rakornas tersebut juga menjadi momentum untuk memperbaharui strategi dalam memasarkan pariwisata, sehingga beragam upaya yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kita menyamakan persepsi agar persoalan kepariwisataan di Indonesia, linier, ini penting, strategi kita harus kita update, agar sama persepsinya dan tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Harisson menyampaikan, sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kalbar bisa menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan rakornas pariwisata. Ia pun menaruh harapan besar pada perkembangan dunia pariwisata Provinsi Kalbar. Apalagi menurutnya Provinsi Kalbar yang sangat luas ini memerlukan energi yang besar agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi provinsi yang maju.

“Kita bisa melakukan lompatan-lompatan dengan memajukan berbagai sektor, salah satunya sektor pariwisata,” katanya.

Kalbar Sukses Jadi Tuan Rumah Rakornas Pariwisata 2024
Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari mengantar kepulangan Menparekraf Sandiaga Uno ke Bandara Internasional Supadio Pontianak (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Harisson mengungkapkan, potensi pariwisata di Provinsi Kalbar sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, mulai dari wisata, budaya hingga kulinernya yang memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Namun tidak dipungkiri, kondisi infrastruktur untuk menempuh daerah atau destinasi-destinasi wisata yang ada saat ini masih terbilang cukup sulit, dengan akses yang juga terbatas.

Baca Juga :  Konferprov PWI Kalbar 2024 Sukses Digelar

“Kami berharap dengan adanya pembangunan IKN di Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Kalbar, memiliki dampak yang positif bagi kami yang menyebabkan percepatan pembangunan pula di Kalbar,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Harisson juga mengapresiasi perhatian dari pemerintah pusat yang telah membuka ruang diskusi dalam strategi pemasaran nasional yang diselenggarakan di Kalbar.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Direktur (Dwi Marhen Yono) dan semua pihak yang telah meluangkan waktu untuk bersama-sama memikirkan kemajuan pariwisata di Indonesia,” tutupnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menikmati suasana malam jelang perayaan Imlek di Kota Singkawang, pada Jumat (07/02/2024). (Foto: Jauhari)
Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menikmati suasana malam jelang perayaan Imlek di Kota Singkawang, pada Jumat (07/02/2024). (Foto: Jauhari)

Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mendorong pemerintah kabupaten dan kota serta para pelaku UMKM untuk terus menggali potensi serta mengambil kesempatan pada setiap event yang digelar. Mengingat nama Kalbar kini telah merangkak naik dengan berbagai event nasional yang digelar.

Lebih lanjut Windy menyampaikan, bahwa Kalbar saat ini telah ikut dipromosikan dengan skala yang lebih luas oleh pemerintah pusat melalui Kemenparekraf RI. Ia berharap kabupaten/kota dapat mengambil kesempatan dan peran dalam mempromosikan pariwisata berikut produk-produk unggulan dari daerahnya masing-masing.

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar ini turut meyakini, dengan digelarnya event-event besar pariwisata tersebut akan menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Provinsi Kalbar. Apalagi event-event yang digelar sangat menarik dan istimewa.

“Waktunya Kalbar untuk mengambil kesempatan ini, dan mempromosikan event-event, paket-paket wisata, dan ekonomi kreatif yang ada di Kalbar,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment