Gempa Bermagnitudo 4.3 Guncang Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika merilis terjadinya gempa bumi tektonik bermagnitudo 4.3 yang mengguncang Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalbar, pada Senin (25/03/2024) pukul 19:54:24 WITA.

BMKG menyebutkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.14 LU dan 113.0 BT, atau tepatnya berlokasi 34 km Barat Laut Kapuas Hulu pada kedalaman 10 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” demikian bunyi laporan BMKG.

Baca Juga :  Alihkan Anggaran untuk Covid-19, 25 Ribu Rapid Test Bakal Hadir di Makassar

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kapuas Hulu dengan intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut,” sambung laporan tersebut.

Terkait dengan potensi adanya gempa bumi susulan, hingga hari Senin, 25 Maret 2024 pukul 20:22:10 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas ke arah tersebut (aftershock).

Baca Juga :  Benarkan Barak Batalyon Raider Khusus 644 Walet Sakti Terbakar, BPBD Kapuas Hulu: Sudah Berhasil Dipadamkan

Dari analisa yang dilakukan, BMKG merekomendasikan kepada masyarakat di wilayah Kapuas Hulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebaliknya, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment