Tradisi Gotong Royong Jelang Ramadhan, Polisi dan Warga di Tumbang Titi Bersihkan TPU

KalbarOnline, Ketapang – Sudah menjadi tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan warga mulai membenahi mushola dan membersihkan tempat pemakaman umum (TPU). Hal itu bertujuan untuk menambah kekhusyukan dalam beribadah di bulan suci Ramadhan nantinya.

Kali ini, kegiatan membersihkan TPU di Desa Titi Baru, Kecamatan Tumbang Titi dilakukan warga secara bergotong-royong dengan anggota Polsek Tumbang Titi jajaran Polres Ketapang, Jumat kemarin.

Kapolsek Tumbang Titi Iptu Srimarjana yang memimpin langsung kegiatan itu mengatakan kalau dengan kerja bakti ini dapat menumbuhkan jiwa gotong royong dan dengan kehadiran polisi dapat lebih dekat dengan masyarakat.

Baca Juga :  Sambut Idul Fitri 1444 H, Gesma 89 Bagikan Paket Lebaran ke Petugas Kebersihan di Kubu Raya

“Diharapkan terjalin hubungan emosional batin sehingga dengan kedekatan ini masyarakat tidak takut untuk memberikan informasi sekecil apapun demi terciptanya kondusifitas keamanan di wilayah Kecamatan Tumbang Titi,” ujar Ipda Srimarjana usai kegiatan.

Ia menyebut selain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, kegiatan ini juga merupakan pelayanan kepada masyarakat, karena menjelang bulan suci Ramadhan sudah pasti akan banyak orang yang berziarah ke makam keluarganya sehingga area makam perlu dibersihkan agar nyaman untuk dikunjungi bagi para penziarah.

Baca Juga :  Wakili Bupati, Asisten Setda Ketapang Tutup Gebyar Talenta Pendidikan 2024

“Kerja bakti seperti ini sebagai wujud pelayan kami terhadap masyarakat, pekerjaan apabila dikerjakan dengan semangat gotong royong akan cepat selesai,” katanya.

Selain itu, Ipda Srimarjana juga berpesan kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Tumbang Titi agar selama bulan suci Ramadhan nanti kegiatan ibadah tarawih bisa dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes). (Adi LC)

Comment