Pembangunan Ruas Jalan Amin Putussibau Butuh Anggaran Rp2 Miliar, Fransiskus Diaan: Untuk Peninggian Jalan dan Buat Drainase

KalbarOnline, Kapuas HuluBupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan, terkait jalan rusak di Jalan Amin dan KS Tubun, sudah ada perencanaan pekerjaan dan perkiraan anggaran.

Khusus untuk Jalan Amin, dari pemantauan di lapangan terdapat permasalahan irigasi untuk pembuangan genangan air juga perlu peningkatan fisik jalan.

“Tahun lalu sudah direncanakan oleh OPD teknis untuk Jalan Amin itu. Ini butuh Rp2 miliar untuk meninggikan jalan dan pembangunan drainase,” kata Fransiskus Diaan usai meninjau beberapa titik jalan rusak di Putussibau Utara bersama Kepala Dinas PUPR Kapuas Hulu Ana Mariana, Jumat (18/2/2022).

Kata Fransiskus Diaan, apabila jalan yang dimaksud sudah tinggi, dan genangan sudah tersalurkan lewat pembuangan ke Sungai Kapuas, maka fungsi jalan diperkirakan lebih baik.

Baca Juga :  Police Go To School Satlantas Polres Kapuas Hulu Edukasi Pelajar SMPN 1 Mentebah

Sedangkan untuk kerusakan Jalan KS Tubun, kata Fransiskus Diaan, juga sudah direncanakan Dinas PUPR sepaket dengan pekerjaan Jembatan Sungai Nyamuk.

“Jalan KS Tubun butuh pagu dana Rp6 miliar, kemungkinan jalannya ditinggikan juga,” kata Fransiskus Diaan.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Serahkan Wakaf Tanah Ponpes Al-Barru Nurul Islam

Orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini menjelaskan, penganggaran perbaikan jalan dan drainase tersebut tidak bisa sekaligus, sebab anggaran daerah sangat terbatas. Demikian juga di ruas jalan dalam kota Putussibau lainnya, masih ada beberapa titik yang rusak.

“Ini kalau memungkinkan tahun depan baru kita anggarkan, kita buat perencanaan dulu dengan baik,” kata Fransiskus Diaan.

Bupati menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan berusaha sebaik mungkin dengan kemampuan anggaran yang ada, untuk memperbaiki akses jalan di kota Putussibau, khususnya yang jadi wewenang kabupaten.

Comment