Buka Keramat Batu Loang Injuluan Pulau Keladi, Fransiskus Diaan: Bisa Angkat Adat dan Budaya Leluhur Kita Lagi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka Keramat Batu Loang Injuluan Pulau Keladi di Desa Tanjung Lasa, Kecamatan Putussibau Utara, Kamis 17 Februari 2022

“Dengan adanya Keramat Batu Loang Injuluan Pulau Keladi ini kita bisa mengangkat adat dan budaya leluhur kita kembali,” kata Fransiskus Diaan.

Masyarakat, kata Bang Sis–sapaan Fransiskus Diaan–khususnya Banua Sio di Desa Tanjung Lasa bisa melaksanakan ritual adat di Keramat Batu Loang Injuluan Pulau Keladi ini. “Mari sama-sama kita jaga adat istiadat kita,” ajaknya.

Baca Juga :  Buka Manasik Haji Cilik di Embaloh Hilir, Wahyudi Hidayat: Ciptakan Generasi Islami Sejak Dini

Dalam kesempatan tersebut, Bang Sis menyampaikan apresiasinya kepada Panglima Jilah dan Tariu Borneo Bankule Rajakng (TBBR).

Bang Sis mengaku bangga dengan Panglima Jillah yang mendapat anugerah bisa melihat,merasakan, menyatu dengan alam dan leluhur. “Sehingga tempat keramat diangkat dan ditemukan kembali,” kata Fransiskus Diaan.

Sementara itu, Panglima Jilah mengatakan, orang Dayak mengajarkan kasih lewat adat dan budayannya.

“Itulah kasih yang seungguhnya, kasih tanpa batas. Oleh karena itu kita harus menjaga adat dan budaya kita,” kata Panglima Jilah.

Baca Juga :  Dandim 1206 Putussibau Silaturahmi ke Warga Desa Ujung Said Jongkong

Di tempat yang sama, Kepala Desa Tanjung Lasa Stevanus Stevens mengatakan, dengan dibukanya tempat ini, selain aset budaya juga diharapkan menjadi destinasi wisata.

“Ke depan akan kita kelola dengan baik, mungkin akan kita lakukan ritual-ritual adat. Harapan kami juga, tempat ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita,” kata Stevens.

Sementara Temengung DAS Banua Sio Aloysius Baring  menyampaikan terimakasihnya kepada Bupati Kapuas Hulu Frasiskus Diaan dan Panglima Jilah terkait pembukaan tempat keramat ini.(*)

Comment