by

MTAMT Sekadau Gelar Maulid Tradisional di Semaong

MTAMT Sekadau Gelar Maulid Tradisional di Semaong

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Taklim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau menggelar maulid tradisional. Kali ini perayaan peringatan hari lahir Nabi Muhammad ke-1443 Hijriah oleh MTAMT Sekadau ini dipusatkan di Masjid Ar-Rahman, Dusun Semaong, Desa Peniti, Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu, 11 Desember 2021. Turut hadir Ketua Masjid Ar-Rahman Hamdani, Ketua Remaja Masjid, para alim ulama dan para jamaah maulid.

Masyarakat setempat berbondong-bondong memadati masjid dengan membawa berbagai makanan dari rumah masing-masing untuk disuguhkan kepada jamaah MTAMT. Tradisi ini sudah turun-temurun dilakukan oleh warga setempat.

Ketua MTAMT Sekadau Abu Bakar mengatakan, banyak manfaat yang didapat dari perayaan Maulid Nabi Muhammad ini.

“Menjadi wadah silaturahim, mempererat persaudaraan dan menjadi wadah diskusi,” ujarnya.

“Ini juga membina mental kebersamaan dan kegiatan maulid tradisional adalah budaya yang muncul di tengah semangat umat. Tentu harus dipertahankan dan diperbaiki supaya lebih menarik sebagai ajang menambah kecintaan kita kepada Rasulullah serta bagian dari amal jariah kita,” kata Haji Abdul Bakar.

Dalam kegiatan maulid tradisional ini diisi dengan serangkaian kegiatan juga dilaksanakan gunting rambut delapan balita setempat dan sarakal puji-pujian kepada Baginda Rasulullah.

Perayaan maulid tradisional yang diselenggarakan oleh warga Dusun Semaong ini turut dihadiri para jamaah dari kecamatan lainnya yang sengaja datang untuk bersilaturahmi saling bermaafan.

BACA JUGA:  Penancapan Tiang Pertama Pembangunan Sekretariat BKMT, Kemenag Sekadau Apresiasi Kepedulian Pemkab

Comment

Terbaru