Bupati Sis Minta Dekranasda Perkuat Pemasaran Produk Kapuas Hulu di Sosial Media

Bupati Sis Minta Dekranasda Perkuat Pemasaran Produk Kapuas Hulu di Sosial Media

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meminta agar Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Kapuas Hulu memperkuat pemasaran hasil produk kerajinan dan kuliner melalui sosial media.

“Sekarang ini zaman teknologi, perkuat pemasaran melalui sosial media, apalagi di tengah pandemi, pemasaran produk bisa dilakukan secara online,” kata Bupati Fransiskus Diaan saat mengukuhkan pengurus Dekranasda Kapuas Hulu periode 2021-2025 di aula Pendopo Bupati, Senin, 16 Agustus 2021.

Bupati Sis- sapaan akrab Fransiskus Diaan mengatakan, hal lain yang harus jadi perhatian yakni packaging atau pengemasan suatu produk untuk menarik perhatian pembeli.

Menurut dia, sejumlah souvernir atau buah tangan yang dipasarkan di Malaysia seperti di Lubok Antu-Sarawak Malaysia tak sedikit merupakan produk Kapuas Hulu. Namun, kata dia, harus dikemas dengan baik sehingga memiliki daya tarik yang menarik juga memiliki daya saing tinggi di pasar global.

Baca Juga :  Visi-misi dan Program Kerjanya Dinilai Rasional, Masyarakat Mentebah dan Kalis Satukan Suara Untuk Midji – Norsan

“Itu harus menjadi perhatian banyak produk asal Kapuas Hulu, contoh kemasan madu, penjual mengatasnamakan madu asal Kapuas Hulu, kalau kita buka google banyak nama madu dijual banyak dari Kapuas Hulu,” kata dia.

Ia berharap Dekranasda Kapuas Hulu dapat menggali potensi produk unggulan dengan tetap menjaga kualitas dan kemasan pemasaran.

“Saya yakin Dekranasda Kapuas Hulu mampu meningkatkan produk dan pemasaran, dan mesti diperkuat di Medsos,” kata Bupati menekankan.

Selain madu, Bupati Sis juga mencontohkan produk kerajinan tangan dari kayu ulin Desa Tekudak yang bisa menarik perhatian orang luar, begitu juga dengan kerajinan tangan tenun dan anyaman. Termasuk kuliner olahan ikan yakni kerupuk basah.

Baca Juga :  Berikan Rasa Aman, Sat Samapta Polres Kapuas Hulu Laksanakan Patroli Dialogis

“Memang perlu terobosan baru dengan memanfaatkan media sosial, kita harus mampu bersaing di pasar global,” pesan Fransiskus.

Di kesempatan itu Bupati menegaskan kembali bahwa peran Dekranasda harus dapat membangkitkan semua potensi kerajinan di Kapuas Hulu.

“Dekranasda memiliki peran untuk membangkitkan kerajinan di Kapuas hulu. Dengan melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas serta memperhatikan daya saing produk berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan selera global,” tegasnya.

Bupati juga berpesan agar kepengurusan Dekranasda yang baru dilantik agar terus berupaya dan lebih bekerja keras lagi dalam mengangkat dan mengembangkan kerajinan Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kita berharap keberadaan kerajinan yang ada di Kapuas hulu bisa di kenal lebih luas lagi, baik di level nasional maupun internasional,” tutupnya.

Comment