by

Diguyur Hujan, Enam Kecamatan di Ketapang Terendam Banjir

Diguyur Hujan, Enam Kecamatan di Ketapang Terendam Banjir

KalbarOnline.com – Cuaca ekstrim yang menyebabkan terjadinya intensitas curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Ketapang beberapa hari terakhir berakibat terjadinya banjir di sejumlah Kecamatan di Ketapang.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang terdapat enam dari 20  Kecamatan yang ada di Ketapang mengalami  banjir akibat hujan.

“Hingga Kamis siang, data yang masuk ke kami, ada enam kecamatan yang terendam banjir,” ujar Kasi Kedaruratan dan logistik BPBD ketapang, Lauri Kariadi Kamis  (15/7/2021).

Ia menyebut kalau  enam Kecamatan yang terendam banjir tersebut yakni  Kecamatan Jelai Hulu, Sandai, Sungai Laur, Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan dan Kecamatan Tumbang Titi.

“Ketinggian air maksimal di Kecamatan Sandai, hingga satu meter,” ucapnya.

BPBD Ketapang telah mendata, setidaknya lebih dari lima puluh Kepala Keluarga (KK) telah mengungsi di rumah kerabat masing-masing.

Tak hanya merendam rumah masyarakat, banjir kali ini juga meredam fasilitas umum, seperti telah merendam beberapa fasilitas umum, seperti rumah ibadah, bangunan sekolah, fasilitas kesehatan, dan pasar desa.

“Karena di lokasi itu susah sinyal,  data terbaru yang sudah kita himpun itu lebih dari 50 KK di Jelai Hulu telah mengungsi akibat banjir,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

Terbaru