Kepengurusan DAD Nanga Mahap Resmi Berganti

Kepengurusan DAD Nanga Mahap Resmi Berganti

Bupati minta pengurus saling kerjasama dan jaga komunikasi

KalbarOnline, Sekadau – Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten resmi berganti. Lembaga yang membidangi adat istiadat suku Dayak di Kecamatan Nanga Mahap itu kini diketuai oleh Heronimus Suhendra dan telah resmi dilantik oleh Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Wilbertus Willy di aula Bukit Sion Parki Nanga Mahap, Senin (28/6/2021). Di mana, dalam pelantikannya, dihadiri langsung oleh Bupati Sekadau, Aron.

Dalam sambutannya, Willy mengatakan, kepengurusan DAD Kecamatan Nanga Mahap, sudah sah sejak Surat Keputusan (SK) diterbitkan. Ke depan ia berharap, para pengurus yang baru dapat berkontribusi terhadap pembangunan serta mendukung terciptanya keamanan, sehingga tercipta situasi kondusif dan masyarakat adat Dayak hidup secara harmonis dengan suku lain.

Baca Juga :  Umat Muslim Sekadau Antusias di Tarawih Malam Pertama Ramadhan

“Kepada saudara Heronimus Suhendra selamat atas dipercayanya memimpin DAD Nanga Mahap. Perlu diingat tugas pokok DAD menjalankan anggaran dasar dan rumah tangga, seperti memfasilitasi temenggung adat dalam menyelesaikan perkara-perkara di masyarakat adat,” katanya.

Untuk menunjang tugas pokok tersebut, diharapkan pengurus bisa bekerjasama dengan forkopimcam Nanga Mahap. Kemudian, kepengurusan juga diharapkan bisa menyusun buku tentang hukum adat yang kelak diwariskan kepada anak dan cucu generasi mendatang.

Sementara Ketua DAD Kecamatan Nanga Mahap, Heronimus Suhendra mengatakan, kepengurusan DAD Nanga Mahap di bawah kepemimpinannya akan menjalin komunukasi lebih intens dengan unsur Forkopimcam, serta berperan mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Plt Kasat Pol PP Sekadau Tutup Usia

“Apa yang digariskan Ketua DAD Kabupaten akan menjadi masukan bagi kami, sejak kepengurusan DAD di-SK-kan, fungsi organisasi telah berjalan dan beberapa permasalahan adat di tengah masyarakat bisa diselesaikan dengan baik,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Sekadau, Aron menyambut baik atas pelantikan DAD Nanga Mahap tersebut. Bupati berharap tugas dan tanggung jawab berat pengurus dalam rangka menjaga dan menjunjung tinggi adat budaya untuk hal ini perlu kerjasama dan komunikasi.

“Antara DAD Kecamatan dan Kabupaten harus sejalan dalam menyikapi permasalahan adat yang terjadi dan tetap berada di koridor yang ada,” pesannya mengingatkan.

Comment