by

Dishub Kalbar Akui Siap Fungsikan Terminal Kedamin Kapuas Hulu

Dishub Kalbar Akui Siap Fungsikan Terminal Kedamin Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat, Ignasius IK mengatakan bahwa pihaknya siap mengoperasikan terminal bus antar kota dalam provinsi yang ada di Kedamin Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu. Namun, kata dia, diperlukan dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat.

“Terminal Kedamin itu memang kewenangan kami di provinsi, namun tidak terlepas juga kerjasama dari rekan-rekan di kabupaten, pada intinya kami siap fungsikan terminal tersebut,” kata dia seperti dilansir dari Antara Kalbar.

Ignasius menyampaikan, terminal tersebut akan segera difungsikan, akan tetapi harus ada kebijakan juga di daerah terkait pangkalan bus yang berada di luar terminal.

Menurut dia, fungsi kontrol dan pengawasan tidak terlepas dari peran Pemkab Kapuas Hulu khususnya Dinas perhubungan, bagaimana caranya agar semua angkutan umum khususnya bus semua mangkal di terminal Kedamin.

“Jangan sampai terminal kita fungsikan tetapi bus tidak mangkal di terminal, jadi perlu kerjasama kita semua,” ucapnya.

Terkait pembangunan atau pun rehabilitasi terminal tersebut, kata Ignatius, akan dilakukan pada tahun 2022 secara bertahap.

“Untuk pembenahan jelas kita akan benahi namun akan dilakukan rehab secara bertahap,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengultimatum Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat mengenai pengelolaan Terminal tipe B Kedamin. Hal itu disampaikannya usai memimpin rapat koordinasi dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban di Terminal tipe B Kedamin, di ruang rapat Bupati Kapuas Hulu, Senin (7/6/2021).

Rapat yang turut dihadiri Koordinator Terminal Tipe B Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat tersebut menindaklanjuti aduan masyarakat mengenai kondisi keamanan dan ketertiban terminal tersebut yang meresahkan masyarakat sekitar.

“Hasil rapat ini, kita Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mengultimatum secara tegas kepada Dinas Perhubungan Kapuas Hulu, apakah mampu atau tidak mengelola terminal tibe B Kedamin,” ujar Wabup.

Pasalnya, kata dia, di terminal itu sepertinya sudah tidak lagi sesuai peruntukan. Sebab, banyak ditemukan aktivitas negatif seperti minum-minuman beralkohol, karaoke hingga tengah malam yang mengganggu masyarakat sekitar terminal.

“Sudah banyak aktivitas negatif di sana. Kalau tidak mampu, kami akan tutup semua aktivitas di terminal tibe B Kedamin,” tegasnya.

Wabup berharap agar Terminal Kedamin bisa diperbaiki dalam segala hal seperti masalah sampah di lingkungan terminal, tempat ibadah seperti surat yang saat ini sudah tidak dipakai lagi dan perbaikan kios di dalam terminal tersebut.

“Diharapkan juga adanya penjagaan dan patroli rutin di Terminal Kedamin,” pungkasnya.

Rapat tersebut juga dihadiri Sekretaris BKD, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Kepala Bidang Aset Daerah, Kepala Bidang Satpol PP Kapuas Hulu dan OPD lainnya.

Comment

News Feed