Pererat Sinergitas Dandim 1203 Ketapang Kunjungi YIARI Ketapang

Pererat Sinergitas Dandim 1203 Ketapang Kunjungi YIARI Ketapang

KalbarOnline,Ketapang – Dandim 1203 Ketapang, Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta mengunjungi Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) dan Pusat Rehabilitasi Dan Konservasi Yayasan International Animal Rescue Indonesia (YIARI) Ketapang, Selasa (1/6/2021).

Kedatangan Dandim yang disambut hangat oleh Direktur Program YIARI Karmele Llano Sanchez itu bertujuan untuk mempererat sinergitas Kodim 1203 Ketapang dengan berbagai pihak dalam upaya ikut menjaga kelestarian lingkungan alam.

“Dalam silaturahmi singkat tersebut, kita membahas tentang sinergitas yang selama ini sudah terjalin baik. Terutama dalam pencegahan dan penangan Karhutla yang tujuanya selaras untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian hutan,” ujar Dandim 1203 Ketapang, Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta usai kegiatan.

Baca Juga :  Tim Mobile Kodim 1203/Ktp Bagi-bagi Masker di Dermaga

Ia juga mengatakan kalau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak hanya sekedar bencana yang menghanguskan hutan dan merusak ekosistemnya termasuk satwa yang ada di alam liar.

“Namun lebih dari pada itu. Emisi karbon yang berlebihan di udara dapat memberikan dampak negatif bagi sendi-sendi kehidupan manusia,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Program YIARI Ketapang, Karmele Llano Sanchez mengatakan kalau kerusakan ekologi akibat api tidak bisa pulih begitu saja. Perlu waktu yang lama untuk memperbaiki ekosistem Huta agar dapat menjadi habitat yang baik hewan untuk berkembang biak.

Baca Juga :  Rencana Kegiatan PPKM Mikro, Babinsa Riam Batu Gading Hadiri Rakor Desa

“Hutan yang merupakan tempat tinggal bagi primata Orang utan menyelamatkan diri pun, saat ini sudah tidak lagi menyisakan pepohohan yang cukup layak untuk mereka makan dan mencari penghidupan,” katanya.

Dirinya mengaku sangat berterima kasih atas kunjungan yamg dilakukan oleh pihak Kodim 1203 Ketapang ini. Pihaknya berharap terjalin kerja sama yang intensif atara YIARI dengan Kodim 1203 Ketapang dalam menjaga lokasi-lokasi konservasi alam di Ketapang.

“Di sinilah diperlukan kerja sama semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama di lokasi-lokasi yang diperuntukkan bagi konservasi alam dan satwa liar,” tandasnya. (Adi LC)

Comment