by

Babinsa Koramil Matan Hilir Selatan Tetap Semangat Padamkan Api di Wilayah Binaan Meski Berpuasa

Babinsa Koramil Matan Hilir Selatan Tetap Semangat Padamkan Api di Wilayah Binaan Meski Berpuasa

KalbarOnline, KetapangMeskipun sedang menjalani puasa, Satgas PRCPB Koramil 1203-13/Mhs yang terdiri dari para Personel Babinsanya bersama, Polri, Manggala Agni Daops Ketapang, serta Tim BPBD Ketapang, tetap bersemangat melaksanakan penyisiran pada area lahan yg terbakar yang berlokasi di TR 1 Tran Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Jumat (23/4/2021).

Kapten Chb Saudi, Danramil 1203-13/Mhs membenarkan bahwa wilayah binaanya terdapat lahan yang terbakar di TR 1 Tran Desa Sei Besar yang diperkirakan mencapai satu hektar lahan.

“Kita sampai saat ini masih melakukan pemadaman dengan mengerahkan beberapa unit alat pemadam kebaran, mudah-mudahan segera padam, karen tim gabungan dengan semangat berjibaku, kompak dalam melaksanakan pemadaman,” jelasnya.

Kapten Chb Saudi menyebutkan, areal yang terbakar merupakan areal kawasan cagar alam yang ditumbuhi vegetasi rumput, ilalang, pakis dan semak belukar.

“Alhamdulillah sumber air di lokasi ini ada,” ucapnya.

“Rute lahan ini rawan akan timbulnya Karhutla dikarenakan lahan bermineral yang mengandung tanah bauksit dan biji besi sehingga apabila panas terik dapat memantulkan panas,” timpalnya.

Dalam Kesempatan ini Danramil 1203-13/Mhs juga menyampaikan imbauan Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta kepada warga sekitar agar dapat berperan untuk mencegah sejak dini karhutla karena permasalahan karhutla karena dampaknya merugikan banyak pihak.

“Sanksi hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan juga kita sampaikan,” kata dia.

“Satgas PRCPB juga rutin melaksanakan Patroli dikarenakan Kecamatan Matan Hilir Selatan sangat rentan Karhutla,” tandasnya. (Pendim 1203)

Comment

Terbaru