Pemkab Sekadau Pantau Kemajuan dan Kemandirian Desa Lewat Lomba

Pemkab Sekadau Pantau Kemajuan dan Kemandirian Desa Lewat Lomba

KalbarOnline, Sekadau – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sekadau menggelar lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau yang dilaksanakan di Desa Sungai Ayak I, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Senin (22/3/2021).

Kegiatan lomba desa ini merupakan ajang bagi desa-desa untuk menggali potensi, serta mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa, sebagai wujud dari peningkatan kualitas hidup, mulai dari ekonomi, politik, sosial, budaya, keamanan dan ketertiban.

Kepala Dinas PMD Bayu Dwi Harsono yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, lomba desa bukan hanya sebagai ajang perlombaan untuk mencari juara, tetapi yang terpenting adalah bagaimana program-program tersebut dapat terus berlanjut yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Sekadau Tinjau Pembangunan Box Culvert di Jalan Merdeka Timur

“Jadi bukan hanya pada waktu lomba saja kita berbenah, tapi kita berharap ini berlanjut kapan saja, karena inilah salah satu tujuan adanya lomba desa, supaya semua desa yang ada di Kabupaten Sekadau ini berlomba-lomba untuk membangun desanya,” kata Bayu.

Kegiatan lomba desa ini juga dijadikan sebagai sarana untuk memantau sampai sejauh mana perkembangan status kemajuan dan kemandirian desa di Kabupaten Sekadau.

Ia juga mengatakan bahwa desa yang telah ditunjuk sebagai perwakilan kecamatan dapat mempersiapkan diri dengan baik, sehingga mereka siap untuk dinilai berdasarkan item-item atau indikator yang sesuai dengan aturan pemendagri tentang lomba desa.

“Kita berharap agar desa-desa yang dinilai itu betul-betul bisa mengarah pada tujuan Pemerintah kita saat ini untuk nawacita yang ketiga yaitu membangun Indonesia dari daerah pinggiran dan desa, terlebih spesifik lagi untuk mencapai tujuan desa mandiri,” ujar Bayu.

Baca Juga :  Bersama Uskup Sanggau, Bupati dan Wabup Sekadau resmikan Gereja Katolik Santo Rafael Malaikat Agung

Diharapkan Desa Sungaiyak I ini melalui penilaian tim mendapatkan nilai yang cukup baik dan mungkin sangat baik. “Jika terpilih menjadi yang terbaik di antara tiga desa yang ada harus siap untuk dinilai untuk lomba desa tingkat provinsi,” kata dia.

Lomba desa merupakan penilaian atas perkembangan pembangunan usaha masyarakat desa dalam kurun waktu satu tahun. Nantinya desa yang terbaik pada lomba desa tingkat kabupaten akan dilombakan kembali pada tingkat provinsi dan dilanjutkan pada tingkat nasional.

 

Comment