by

Ketapang Siaga Darurat Asap

Ketapang Siaga Darurat Asap

Bupati: Respon atensi Gubernur

KalbarOnline, Ketapang – Kabupaten Ketapang resmi berstatus siaga darurat asap. Hal itu disampaikan Bupati Ketapang, Martin Rantan. Ditetapkannya status darurat asap, mengingat masih banyak terjadi karhutla di beberapa kecamatan sejak bulan Februari 2021 yang mengakibatkan polusi udara.

Dijelaskan Bupati, Gubernur Kalbar meminta pada setiap kepala daerah yang daerahnya potensial terjadi karhutla agar ditetapkan sebagai daerah dengan status siaga asap.

“Atas atensi Bapak Gubernur, kita merespon supaya Kabupaten Ketapang ini ditetapkan sebagai siaga kabut asap, hal ini karena memang potensi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ketapang masih tinggi intensitasnya,” kata Bupati, pada Senin (1/3/2021).

Dia menuturkan, dengan ditetapkannya siaga kabut asap di Kabupaten Ketapang, maka dapat menjadi dasar Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Penanganan kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap tidak dapat ditanggulangi oleh kabupaten secara mandiri, namun harus terintegrasi antara Pemprov dan Pemerintah Pusat,” jelas Bupati.

Lebih lanjut, dengan ditetapkannya sebagai daerah dengan status siaga darurat asap, bisa menjadi dasar bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memberikan bantuan. Menurut dia, status siaga akan menjadikan daerah yang mendapat skala prioritas bantuan apabila terjadi bencana kabut asap akibat karhutla.

“Tetapi kalau kita misalnya tidak ada status siaga kabut asap, tiba-tiba kita minta bantuan, susah. Jadi, kita tetapkan dulu, makanya Pemerintah Kabupaten Ketapang menetapkan siaga kabut asap dengan tujuan ini bisa segera direspon oleh pemerintah pusat,” terang Bupati.

Untuk diketahui, selain Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sanggau juga menjadi kabupaten yang menetapkan siaga darurat asap di Kalimantan Barat. Bupati Ketapang, Martin Rantan berharap, Kabupaten Kubu Raya juga bersedia untuk segera menetapkan siaga kabut asap, mengingat Kabupaten Kubu Raya juga menjadi daerah yang rawan kabut asap akibat karhutla karena banyak memiliki daerah bergambut.

“Mudah-mudahan, Bupati Kubu Raya juga segera menetapkan (siaga kabut asap),” pungkasnya.

Comment

News Feed