by

Tak Dilibatkan di Sejumlah Kegiatan, KNPI Ketapang Adukan Dispora ke Dewan

Tak Dilibatkan di Sejumlah Kegiatan, KNPI Ketapang Adukan Dispora ke Dewan

KalbarOnline, Ketapang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ketapang menilai, saat ini tidak terbangun sinergitas yang baik antara KNPI dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ketapang.

Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di DPRD kabupaten Ketapang, Selasa (30/11) pagi, KNPI mempertanyakan sejumlah persoalan kepada Pemkab Ketapang, mulai dari status pengelolaan Gedung KNPI, alokasi anggaran hingga bentuk kemitraan antara KNPI dan Pemda.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Ketapang Uti Royden Top mengatakan, Dispora Ketapang terkesan tak melibatkan KNPI dalam membangun daerah khususnya dalam hal kepemudaan.

“Saat ini kondisi gedung pemuda yang biasa disebut Gedung KNPI Ketapang tidak terawat, kami meminta kejelasan dari Pemda, apakah ini dikelola Pemda atau KNPI, kalau kami yang mengelola, kami butuh legalitasnya, agar gedung itu lebih representatif,” katanya, Selasa (30/11/2021).

Uti Royden Top menyebut, KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan di Kabupaten Ketapang, kini memiliki 16 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP). Alokasi anggaran dinilai sangat penting dalam menaungi OKP guna pembinaan dan pengembangan organisasi kepemudaan di Kabupaten Ketapang.

Sementara Plt Kepala Dispora Kabupaten Ketapang Edi Radiansyah mengatakan, RDPU yang difasilitasi Komisi IV DPRD Ketapang tersebut sangat penting.

“Ke depan bagaimana kita harus membangun hubungan yang sinergis antara Dispora dan KNPI, ini menjadi bahan perbaikan kita juga ke depan terutama di bidang pengembangan peningkatan kapasitas organsiasi kepemudaan di bawah KNPI,” katanya.

Ia juga mengatakan, secara legalitas, Gedung KNPI merupakan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang, Dispora diberi kewenangan dalam hal pengelolaan.

“Ada usulan dipinjam-pakaikan, atau dikelola oleh teman-teman dari KNPI, prinsipnya kita menyambut baik, intinya gedung itu dapat dikelola, terawat dan bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Edi Radiansyah memastikan, akan bersinergi dan menggandeng KNPI dalam kegiatan pada tahun 2022. (Adi LC)

Comment

Terbaru