Bus Damri Jurusan Pontianak – Ketapang Resmi Beroperasi

KalbarOnline, Ketapang – Layanan bus Damri trayek Pontianak ke Ketapang dan Ketapang ke Kendawangan kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Ketapang. Pengoperasian trayek baru bus Damri ini ditandai dengan peluncuran yang berlangsung di halaman Pendopo Bupati Ketapang, Selasa (28/1/2020).

Dalam peluncuran yang dilakukan oleh Asisten III Setda Ketapang, Heronimun Tanam bersama jajaran Forkopimda dan Pejabat Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar juga berkesempatan mencoba berkeliling ke pusat kota Ketapang menggunakan mobil keluaran 2019 tersebut.

General Manager Perum Damri Pontianak, Yulianto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk melayani dan memberikan pelayan yang maksimal bagi masyarakat dari seluruh penjuru Kabupaten Ketapang.

“Selain rute yang sudah ditentukan dalam launching ini, rute lain akan menyusul seperti Ketapang – Teluk Batang dan antar kecamatan, tentu kita akan segera lakukan survei. Mudah-mudahan dukungan sarana jalan segara memungkinkan untuk dilewati,” ujarnya.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan dan HUT IBI Ketapang, Martin Rantan Sebut Bidan Mitra Strategis Pemerintah

Ia juga menyebut, sesuai dengan perizinan, Damri Ketapang menyiapkan empat unit kendaraan. Meski demikian, jika kebutuhan melonjak, pihaknya sudah siap dengan armada tambahan. Tapi tentu tahap awal ini Damri hanya menjadwalkan satu kali keberangkatan. Armada akan berangkat mulai dari terminal Paya Kumang.

“Kalau unit kita siap, tinggal tunggu permintaan dari Pemda Ketapang saja serta dukungan dari infrastruktur jalan,” ujarnya.

Dengan hadirnya Damri di Kabupaten Ketapang ini pihaknya berharap dapat memberikan pilihan moda pada moda transportasi umum khususnya angkutan darat bagi masyarakat Ketapang.

“Harapan kami angkutan yang tersedia ini bisa benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Ketapang dan sekitarnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Minta Semua Pihak Kesampingkan Kepentingan Politik dalam Pembangunan, Martin Rantan: Lepaskan Itu

Sementara Asisten III Setda Ketapang, Heronimus Tanam mengucapkan terima kasih kepada Damri karena saat ini masyarakat Kabupaten Ketapang sudah memiliki alternatif pilihan dalam transportasi umum melalui jalur darat.

“Harapan kami masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini dengan baik, kalau dari segi biaya Damri lebih murah, tapi fasilitasnya lebih baik,” ucapnya.

Armada bus Damri trayek Ketapang Pontianak pulang pergi ini memiliki sejumlah fasilitas di antaranya USB charger, Wifi, full AC, audio video, reclining seat (39), snack dan unit Marcedes Benz.

Sedangkan untuk tarif tiketnya mulai dari Rp75 ribu untuk tujuan Ketapang – Sungai Melayu. Kemudian Ketapang – Tayap Rp100 ribu dan Ketapang – Pontianak Rp275 ribu.

Adapun jam keberangkatan dari Ketapang menuju Pontianak pukul 10:00 WIB, sementara keberangkatan dari Pontianak menuju Ketapang sendiri pukul 09:00 WIB. Ketapang – Pontianak dapat ditempuh selama 10 jam. Selain dapat dibeli di loket secara langsung, tiket Damri itupun sudah tersusun malalui online. (Adi LC)

Comment