by

Sejumlah Pembangunan dan Perbaikan Jalan Diakomodir Dalam Musrenbang Sungai Kakap

Sejumlah Pembangunan dan Perbaikan Jalan Diakomodir Dalam Musrenbang Sungai Kakap

KalbarOnline, Kubu Raya – Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sungai Kakap 2021, Kabupaten Kubu Raya berfokus terhadap beberapa indikator percepatan pembangunan serta pertumbuhan ekonomi rakyat. Di antaranya, pembangunan infrastruktur jalan poros, peningkatan sektor pertanian, peternakan, perkebunan rakyat, perikanan, serta lain sebagainya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, pembangunan dan perbaikan di sejumlah titik jalan kecamatan akan dilakukan seperti jalan poros di Sungai Kupah ke Sungai Rengas, Jalan Parit Sarem, arah Sungai Raya Dalam ke Desa Punggur Kecil.

“Termasuk perbaikan Jalan Raya Sungai Kakap ke Desa Punggur dan jalur-jalur yang dilewati masyarakat dari Pal Sembilan ke daerah Punggur,” ujar Bupati Muda, ditemui usai membuka Musrenbang Kecamatan Sungai Kakap di Gedung Serba Guna, Selasa (9/2/2021).

Bupati menilai pertumbuhan ekonomi di wilayah Sungai Kakap di tengah pandemi terus meningkat, penguatan tersebut membuktikan bahwa daerah Sungai Kakap sebagai salah satu daerah yang dapat menghasilkan produksi tanaman pangan di sektor pertanian.

“Di tengah pandemi kebutuhan pangan meningkat. Nah, Sungai Kakap termasuk pemasok beras terbesar, makanya kita terus pertahankan kawasan padi itu, walaupun ada rencana pembangunan Jembatan Kapuas III nantinya. Kita mengharapkan kawasan-kawasan padi tersebut tetap bertahan agar daerah pemasok padi di Kubu Raya selalu ada untuk kebutuhan pangan masyarakat,” ucap Bupati.

Sementara dari sektor ekonomi kerakyatan, Bupati menerangkan Pemkab Kubu Raya akan terus berupaya untuk menjamin pasar dari produk-produk olahan masyarakat. Maupun pengembangan objek-objek wisata khususnya yang telah dibentuk oleh BUMDesa.

“Banyak desa telah membentuk desa wisata di Sungai Kakap ini. Uniknya daerah ini memiliki tempat ibadah (klenteng) yang berada di tengah laut ditempat lain belum ada hanya ada di Sungai Kakap,” terang Bupati.

BACA JUGA:  Pemkab Kubu Raya Gelar Upacara di HUT ke-10

Di akhir acara Musrenbang tersebut Bupati Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati Sujiwo menyerahkan sejumlah uang santunan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk ahli waris karyawan CV Nirwana Mandiri, ahli waris dari Sekdes Punggur Kapuas Sungai Kakap, dan ahli waris dari Kasi Keuangan Desa Sungai Kakap. Selanjutnya dilakukan penghijauan dengan cara penanaman bibit pohon disekitaran Kantor Camat Sungai Kakap. (ian)

Comment