Dandim 1203/Ktp Instruksikan Danramil Perkuat Strategi Penanganan Covid-19 Hingga ke Tingkat RT

Dandim 1203/Ktp Instruksikan Danramil Perkuat Strategi Penanganan Covid-19 Hingga ke Tingkat RT

KalbarOnline, Ketapang – Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta mengintruksikan para Danramil jajaran Kodim 1203/Ktp agar membentuk Pos Komando (Posko) Satgas Covid-19 tingkat RT/RW diwilayah binaan masing-masing, Hal tersebut disampaikan Dandim 1203/Ktp saat memimpin rapat di Makodim 1203/Ketapang, Selasa (9/2/2021).

Dalam rapat yang membahas pembentukan Pos Komando (Posko) Satgas Covid-19 tingkat RT/RW di wilayah Kodim 1203/Ktp tersebut, Dandim memaparkan upaya-upaya strategi penguatan penanganan Covid-19 di wilayah.

Ada sejumlah fungsi yang harus dijalankan Posko Satgas Covid-19 tingkat RT/RW tersebut. Utamanya, menggencarkan melakukan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga :  Ketapang Diguncang Gempa, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

“Hal ini perlu kesadaran dari masyarakat, mengingat di jalanan kadang banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Penerapan 5M dan 3T, ditegaskan Dandim, adalah senjata paling ampuh yang saat ini bisa dilakukan. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Di samping melaksanakan 3T.

“Pada prinsipnya, Pos Komando (Posko) Satgas Covid-19 tingkat RT/RW ini berfungsi mempermudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan masyarakat, kesejahteraan sosial dan pemulihan ekonomi, Satgas covid-19 sudah kita bentuk di wilayah juga harus berkoordinasi terkait pengendalian, pemantauan, evaluasi, serta mengeksekusi penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah,” tegas Dandim.

Baca Juga :  Parade Busana Pengantin Multi Etnis Semarakan Hari Jadi Ketapang ke-602

Penguatan strategi penanggulangan pandemi Covid-19 tersebut dapat dikolaborasikan dengan aksi 3T yakni testing (tes), tracing (pelacakan) dan treatment  (penanganan) serta kampanye 5M.

“Semoga kita yang menjadi ujung tombak penanganan Covid-19 di wilayah, dapat menjaga keberlangsungan upaya penekanan kasus Covid-19, tetap semangat dalam pengabdian,” tandasnya.

Comment