Besok, 1.635 Vial Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Tiba di Ketapang

Besok, 1.635 Vial Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Tiba di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Ketapang mulai didistribusikan. Rencananya, Rabu (27/1/2021) besok, sebanyak 1.635 vial vaksin Covid-19 tiba di Bandara Rahadi Oesman Ketapang dari Pontianak.

Kedatangan 1.635 vial vaksin Covid-19 tersebut akan dipantau langsung oleh pejabat Forkompimda Ketapang dengan penyambutan khusus di Bandara Rahadi Oesman.

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami mengatakan, setibanya di Ketapang, vaksin Covid-19 itu akan langsung ditempatkan di ruang penyimpanan milik Dinas Kesehatan yang telah disediakan.

“Kita sudah sediakan ruang penyimpanannnya di gudang farmasi Dinas Kesehatan. Besok ketika sampai langsung dibawa kesana dengan pengawalan dari petugas,” katanya, Selasa (26/1/2021).

Ia mengutarakan, vaksin Covid-19 yang tiba pada tahap pertama ini selain diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) dan petugas pelayanan publik, imunisasi vaksin tahan pertama ini juga akan dilakukan kepada pimpinan daerah sebagai contoh kepada masyarakat bahwa vaksin itu aman.

“Beberapa pimpinan daerah telah menyatakan kesipan untuk divaksin pertama. Tinggal menunggu konfirmasi jadwal saja,” ujarnya.

Sementara untuk masyarakat umum, Rustami menyebut kalau vaksinasi akan dilaksakan pada tahap selanjutnya dengan tanpa dipungut baiaya atau gratis. Untuk itu, Rustami meminta agar masyarakat tidak takut divaksin.

“Kita harap masyarakat jangan takut divaksin karena ini sudah ada jaminan dari pemerintah mengenai kemanan vaksin ini,” ungkapnya.

Rustami menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat arahan mengenai jadwal pemberian vaksin tersebut dari pemerintah pusat. Pihaknya pun masih terus merampungkan persiapan untuk melakukan program vaksinasi.

“Kita sedang melakukan persiapan, terutama pelatihan terhadap petugas yang nantinya akan melakukan penyuntikan vaksin,” tandasnya. (Adi LC)

BACA JUGA:  Kasus Covid-19 di Jabar Pecah Rekor, Positivity Rate Naik

Comment