Pejabat Pemkot Pontianak Siap Divaksin

Pejabat Pemkot Pontianak Siap Divaksin

Vaksinasi Digelar Kamis (21/1) di Dinkes Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Jajaran pejabat setingkat eselon dua di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak rencananya akan menjalani vaksinasi pada Kamis (21/1/2021). Penyuntikan vaksin Sinovac ini akan digelar di Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, setelah vaksinasi diberikan kepada pejabat eselon dua, selanjutnya akan menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya yang ada di lingkungan Pemkot Pontianak.

Baca Juga :  Satpol PP Segel Kenzo Bar and Resto Hotel My Home Pontianak, Edi Kamtono: Ada Orang Joget-joget

“Karena untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 harus melakukan pendaftaran di aplikasi,” ungkapnya, Rabu (20/1/2021).

Saat ini, kata Edi, vaksinasi terhadap para tenaga kesehatan (nakes) masih terus berjalan. Meskipun masih ada nakes yang berhalangan hadir, menurutnya bukan karena menghindar namun banyak nakes yang memang pernah terpapar Covid-19 sehingga mereka tidak memenuhi kriteria untuk divaksin.

“Bagi mereka yang terpapar Covid-19 tidak disarankan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menerangkan, hingga saat ini jumlah nakes yang telah divaksin di Kota Pontianak tercatat sebanyak 493 orang. Namun ada pula nakes yang ditunda untuk divaksin lantaran memiliki kontra indikasi. Sedangkan bagi yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan maupun pernah terkonfirmasi positif Covid-19, maka mereka tidak memenuhi kriteria untuk menjalani vaksinasi.

Baca Juga :  Sekda Harap Pekan Gawai Dayak Bisa Jadi Ajang Merawat Keberagaman

“Hal ini diketahui saat calon peserta vaksin menjalani proses screening sebelum dinyatakan layak atau tidak untuk diimunisasi vaksin Sinovac,” jelasnya. (prokopim)

Comment