Lifter Terbaik Indonesia Sangat Fokus untuk Raih Emas Olimpiade Tokyo

KalbarOnline.com – Eko Yuli Irawan ingin membuat resolusi besar tahun ini. Dia berambisi meraih emas Olimpiade Tokyo 2020. Lifter terbaik Indonesia itu berharap tidak ada penundaan event lagi seperti yang terjadi sepanjang 2020.

’’Kurang lebih resolusinya sama dengan 2019. Tetapi, kan 2020 (Olimpiade) ditunda. Saya berharap bisa terlaksana 2021 ini,’’ kata peraih perak Olimpiade Rio 2016 itu.

Pada November lalu, Eko telah selesai menjalani diklat prajabatan (prajab) calon PNS Kemenpora. Kegiatan itu memang sempat berdampak pada latihannya. Karena kini sudah selesai, Eko bisa kembali fokus pada programnya lagi.

Baca Juga :  Windy Lepas Keberangkatan Bernard B Van Aert Menuju Olimpiade Paris 2024

Baca Juga: Tiongkok Mundur, Indonesia Merasa Muncul Sisi Positif dan Negatif

’’Saya belum mencari kompetisi. September lalu kan ikut prajab sampai Oktober. Jadi, latihannya sempat tidak konsisten. Mulai pemulihan lagi saat ini. Mungkin Januari ini baru bisa fokus seperti sebelumnya,’’ ujarnya.

Eko menuturkan, saat ini dirinya sedang berada dalam masa penyesuaian tubuh dan otot-ototnya. Saat mengikuti prajab, dia hanya bisa berlatih sekali sehari. Biasanya ada dua sesi latihan dalam sehari.

Baca Juga :  38 Orang Wasit Juri Pencak Silat se-Kalbar Ikuti Penataran

’’Memang tahapnya penyesuaian otot dulu. Daripada kalau dipaksa, risikonya cedera, saya tidak mau, makan waktu lagi untuk pemulihan,’’ ungkapnya.

Dari catatannya selama 2020 ini, Eko sempat menjalani tes angkatan pada Juli lalu. Saat itu dia mencatatkan total angkatan 317 kg. Perinciannya, snatch 142 kg dan clean and jerk 175 kg.

Meski ada kenaikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Eko tetap tidak puas. Sebab, targetnya adalah bisa mencapai total angkatan 325–330 kg. Itu adalah target agar bisa menyabet emas Olimpiade.

Comment