Kemenhub Imbau Liburan Nataru Tahun Ini Masyarakat di Rumah Saja

KalbarOnline.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta agar masyarakat tidak melakukan perjalanan atau menyelenggarakan kegiatan berkumpul selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. Sebab, jumlah kasus Covid-19 hingga saat ini belum juga turun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memahami memang biasanya terdapat keinginan masyarakat untuk menggunakan waktu libur Nataru untuk melakukan kegiatan mudik alias pulang kampung, ataupun melakukan kegiatan wisata. Namun, dalam situasi yang masih dihantui oleh Covid-19, sebaiknya lebih baik berada di rumah terlebih dahulu demi kesehatan dan keamanan bersama.

Baca Juga :  24 ODP, Satu PDP di Sinjai, Positif Covid-19 Nihil

“Dalam kondisi sekarang ada anjuran di rumah lebih baik,” ujar Budi Karya secara virtual, Jumat (18/12).

Baca juga: Antisipasi Kerumunan Saat Libur Nataru, Menhub Siapkan 4 Surat Edaran

Budi Karya memaparkan dalam beberapa waktu terakhir, jumlah penularan kasus terpapar Covid-19 makin meningkat. Sehingga harus menjaga pergerakan agar penularan Covid-19 dapat dikendalikan. “Maka kita harus menjaga pergerakan, harus dikendalikan dengan baik,” jelasnya.

Budi Karya menambahkan, pihaknya akan mengawasi pergerakan libur Natal dan Tahun Baru sesuai dengan yang diarahkan Gugus Tugas. Khususnya mengenai protokol kesehatan pada pergerakan masyarakat. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengeluarkan surat edaran soal protokol kesehatan pada pergerakan masyarakat di empat sektor transportasi mulai dari udara, darat, laut, dan perkeretaapian.

Baca Juga :  Pencairan Bansos Bagi KPM PKH Dipastikan Tepat Waktu

“Kita akan terbitkan SE dari empat matra, udara, darat, laut, dan perkeretaapian. Kita yakin dapat melakukan pelayanan yang baik bertransportasi sehat aman dan nyaman. Yang perlu digarisbawahi adalah mengenai protokol kesehatan,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment