Kubu Raya Menuju Zona Integritas, Bupati Muda Mahendrawan Inginkan Kinerja Terukur

Kubu Raya Menuju Zona Integritas, Bupati Muda Mahendrawan Inginkan Kinerja Terukur

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya komitmen bersama bangun zona integritas antar Organisasi Pelayanan Daerah. Komitmen ini, sebagai upaya menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) disejumlah OPD yang memiliki birokrasi sturuktural maupun pelayanan langsung ke masyarakat.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pola kerja untuk mempersempit pungli serta hal lainnya telah lama tersistem dalam birokrasi pemerintahan. Dengan seperti itu, tutur Bupati pelayanan kepada masyarakat akan terlindungi dan efektif.

“Dan hari ini menjadikan bentuk komitmen yang memperkuat sistem birokrasi tata pelaksanaan kerja. Dengan memanfaatkan teknologi, sistem pengawasan, evaluasi dan pelaksanaan kerja termasuk pengaduan dari masyarakat sehingga kerja tersistematis dan terukur,” ucap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan ditemui usai menggelar pencanangan pembangunan zona intergritas di aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga :  Wabup Sujiwo Sembuh dari Covid

Menurut Bupati Muda, terukur menjadi landasan utama dalam tata laksana kerja artinya setiap tahunnya pekerjaan memiliki peningkatan. Untuk mencapai pekerjaan terukur memerlukan fokus, yang berdampak langsung ke masyarakat.

“Baik itu kebijakannya, perencanaannya, baik secara fisik-non fisik, pemberdayaan dan lainnya berdampak langsung ke masyarakat. Sehingga produktivitas masyarakat ikut bergerak baik itu UMKM dan lainnya,” terang Bupati.

Meski pandemi, jelas Bupati Kubu Raya perekomonian di Kubu Raya terus bergerak meningkat dengan kenaikan 1,16 dan ini menjadi nilai ekonomi yang luar biasa disituasi pandemi Covid-19. Dan ini tidak terlepas dari pengaruh pelayanan.

“Dengan masyarakat merasa dilayani dengan baik dari semua sisi, baik dari document kependudukan, kebutuhan perizinan dan non-perizinan, pelayanan kesehatan serta lain sebagainya. Saya kira dengan seperti itu dapat ditemukan masyarakat lebih produktif dan berpeluang menggerakkan ekonomi dan secara sosial terjalin baik karena tidak ada yang menganggur,” tegas Bupati Muda Mahendrawan.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-61 Pemprov Kalbar, Wabup Hermanus Sampaikan Sejumlah Amanat Pembangunan

Sementara Kepala Inspektorat daerah Kubu Raya, H. Y. Hardianto mengatakan pihaknya berkomitmen mewujudkan zona integritas dalam segi pengawasan terhadap program-program strategis dari para OPD.

“Tetap kita kawal dari awal untuk melakukan kemungkinan-kemungkinan pencegahan. Jangan sampai ada kelemahan di akhir maka itu menjadi masalah. Apabila kita kawal dari awal justru ada perbaikan, itu tujuannya,” terang H. Y. Hardianto

Sebelumnya, Pencanangan Pembangunan Zona Intergritas dilakukan pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama yang dipimpin langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang dihadiri Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, Sekda Kubu Raya Yusran Anizam, Ketua DPRD Agus Sudarmansyah, Perwakilan Ombudsman Provinsi Kalimantan Barat, Kejaksaan Negeri Mempawah, Pengadilan Negeri Pontianak, Kapolres Kubu Raya, Kodim 1207/BS, PEKKA serta Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. (ian)

Comment